Pilihan Type Sepeda Menggambarkan Karakter Anda

Sepeda merupakan alat transportasi yang telah dikenal manusia sejak lama bahkan pernah menjadi tulang punggung alat transporrtasi baik untuk mengangkut orang maupun barang. Kini sepeda hanyalah salah satu bagian alat transportasi manusia modern yang kedudukannya sudah tergeser oleh kendaraaan bermotor. Walaupun hanya sebagian kecil saja, namun keberadaan sepeda hingga kini masih eksis dikarenakan sepeda merupakan kendaraan yang praktis dengan ukuran kecil, ringan dan digerakkan dengan kayuhan kaki.. kendaraan ini sangat cocok untuk melayani jarak tempuh dekat seperti anak-anak pergi pulang sekolah, ibu-ibu belanja di pasar.pada sepeda juga terdapat unsur rekreasi dan sekaligus olah raga.

Sepeda pertama kali ditemukan oleh Baron Karl Drais von Sauerbronn atau lebih dikenal dengan sebutan nama Karl Drais. Karl Drais lahir pada tanggal 29 April 1785 di Karlsruhe, Tepatnya di Negara Jerman. Berprofesi sebagai kepala pengawas hutan. Munculnya ide sebenarnya lahir dari masalah yang kita hadapi. Seperti masalah yang dihadapi oleh Karl Drais, untuk menunjang tugasnya sebagai kepala pengawas hutan, ia membutuhkan alat transportasi dengan mobilitas tinggi.
Dari situlah muncul ide untuk menciptakan alat transportasi untuk menunjang pekerjaannya. Akhirnya terbentuklah sebuah alat transportasi bernama sepeda, bentuk awal dari sepeda yang diciptakan oleh Karl Drais adalah berbentuk sepeda beroda tiga tanpa pedal.
Karl Drais memulai perjalanan pertamanya pada 12 Juni 1817, dari kota Manheim ke kota Schwetzinger Relaishaus, kemudian ia melakukan perjalanan keduanya dari kota Gernsbach ke kota Baden pada tahun 1817, karena semua masyarakat masih belum mengenal sepeda, Karl Drais dilaporkan dapat melaju dengan cepat. Berkat perjalanannya dengan sepeda buatannya tersebut, banyak media meliput. Media yang masih ngetren saat itu adalah Koran. Ia dimuat dikoran lokal Jerman pada tahun 1817. Sepeda yang dibuat oleh Karl Drais sendiri diberi nama Draisienne, namun sayangnya popolaritasi Karl Drais tidak berlangsung lama. Munculnya sepeda dengan merk-merk terbaru dengan keunggulan masing-masing menggeser Karl Drais. Munculnya sepeda pada zaman dahulu seperti mobil pada zaman sekarang, yang hanya orang-orang tertentu yang dapat membelinya. Seperti bangsawan dan para penguasa yang dapat menikmati alat transportasi ini. Pada tahun 1960-an, seiring dengan perkembangan zaman. Sepeda tergeser dari tahtanya sebagai alat transportasi. Munculnya kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan mobil menggeser popularitas sepeda.

Jika tekad bersepeda sudah ada,uang sudah punya,namun sepeda belum ada,Sekarang saatnya kita menentukan mau membeli sepeda apa. Membeli sepeda ini haruslah sesuai dengan karakter, artinya sepedanya bisa dipakai sesuai target bersepeda kita dan nyaman dipakai. Jangan sampai salah memilih sepeda.
Ada tiga hal yang bisa dikategorikan penting dalam menentukan sepeda adalah :

  1. .Jenis sepeda : Tipe yang paling cocok tergantung tujuan (touring, balapan, rekreasi, dll) dan      kemana kita akan bersepeda (jalan aspal, hutan, kemana aja, dll), dengan kategori umum sepeda adalah: Sepeda Gunung (MTB), Sepeda Balap (Road Bike), BMX, Sepeda Lipat (Folding Bike), Sepeda gravel, Sepeda Listrik, dan lainnya.
  2.  2.Bike Fit : Cari ukuran sepeda yang sesuai ukuran tubuh dan geometri yang nyaman kita pakai
  3.  3 Fitur dan komponen sepeda : Hal-hal seperti suspense, bahan frame, gear menentukan kinerja dan karakter sepeda

Pilihan sepeda balap
Memilih sepeda jenis balap bisa menggambarkan karakter yang kuat dan siap menjadi petarung
sebagai bekal pengetahuan seputar sepeda balap bisa Anda baca tentang sejarah Keirin.
Keirin adalah cabang dari balap sepeda track, dimana peserta akan mengikuti sebuah sepeda listrik atau motor (Derny) atau pace maker, yang memimpin 7-9 pembalap sepanjang 1400m dengan kecepatan yang sudah ditentukan. Derny akan keluar setelah 1400m atau 600-700m menuju garis finish, dan para pembalap sepeda akan berlomba menuju garis finish. Keirin berasal dari Jepang yang berarti sepeda balap.Keirin adalah balapan sepeda doltrap - pedal kayuhan mengikuti putaran roda - yang diperuntukan untuk ajang judi di Jepang. Balap sepeda Keirin pertama kali dibentuk pemerintah (1948) Jepang sebagai pertandingan olahraga judi untuk pemasukan negara pasca kalah peran.
 Keirin telah menajdi cabang dari UCI men’s World Championship sejak 1980, dan UCI women’s World Championship sejak 2002. Menurut sebuah jurnal ilmiah ‘Gambling on Bodies: Assembling Sport and Gaming in Japan’s Keirin Bicycle Racing’ .
Ajang balap sepeda sudah ada di Jepang sejak tahun 1868, hingga dibuat resmi Keirin membangun negara. Pasca perang dunia II kota asal Keirin, Kokura, hancur lebur dibom oleh Amerika. Tiga tahun perekonomian belum membaik, pemerintah berinisiatif cari cara dengan buka ajang olahraga judi. 11 November 1948, ajang Keirin pertama kali di gelar di trek sepeda Kokura Velodrome. Pertama kali digelar animo masyarakat sangat tinggi, 55 ribu penonton datang ke velodrome di kota yang hancur berpenduduk 180 ribu jiwa ini.
Pemasukan pada ajang ini pun bukan main hingga mencapai 19 juta yen melampui ekspektasi pemerintah.

Pada awalnya Keirin hanya memiliki tiga velodrome sebagai arena balap masing-masing di kota Kokura, Osaka dan Omiya. Karena melihat animo masyarakat Jepang waktu itu yang sangat tinggi,maka trek ditambah dan dibuat hingga sampai 57 dalam dua tahun. Dan jumlah trek tersebut masih ada hingga sekarang.
Jepang sangat serius pada balap sepeda keirin. Hingga membentuk organisasi khusus mengurusi olahraga ini. Pada tahun 1957 resmi muncul Nihon Jitensha Shinkokai (NJS) atau Japan Keirin Autorace Foundation (JKA Foundation) yang mengatur semuanya seperti sertifikasi atlet, officeal, peraturan sampai lisensi spare part sepeda. Upaya ini dilakukan untuk menjaga ekosistem olahraga yang adil dan keberlanjutan olahraga mengingat ini adalah ajang judi legal besar. Olahraga judi ini diatur khusus dalam Undang-undang Balap Sepeda Jepang tahun 1948. Didalamnya diatur bagi hasil dari pertandingan, 75% untuk operasional olaharaga dan 25% khusus untuk pajak negara.
Aturan ini yang mengakibatkan ekosistem keirin bertahan selama 72 tahun. Alokasi dana 75% tersebut untuk membiayai infrastruktur, pelatihan atlet dan kesejahteraan semua pihak yang terlibat, tentu saja termasuk atlet. Hingga sekarang Keirin tetap dinikmati orang tua di Jepang. Penjualan tiketnya paling tinggi mencapai 1,9 triliun yen tahun 1991. Namun, terus turun tercatat tahun 2013 hanya mencapai 6 miliar yen. Sekarang atletnya sudah mencapai 2000-an di seluruh penjuru Jepang dan terus mengikuti ajang balapan tiap tahun.

Nonton balapan keirin seru banget, 7-9 pebalap dengan kostum warna-warni beradu kecepatan hingga 50 km/jam untuk lewati garis finis. Apa lagi melihat pebalap diatas sebuah batang baja beroda dua berhimpitan saling menghalangi dan berusaha menjatuhkan. Karena di keirin boleh menjatuhkan lawan dari sepedanya. Aturannya cukup sederhana, pemenangnya adalah yang terdepan setelah memutari trek 6 lap. Jangan bingung ketika kalian melihat di 1-3 putaran mereka belum balap-balapan karena pada momen ini memang untuk mencari kecepatan rata-rata dan atur strategi. Baru di putaran ke-5 semua pebalap bakal pol-polan merebut posisi terdepan. Tapi menjadi yang tercepat dan tangguh tak cukup buat bekal menang di keirin.
Ada faktor-faktor di luar fisik yang bakal menentukan atlet bisa menang balapan. Dalam tulisan Eric. J Cunningham diceritakan bagaimana faktor strategi yang cukup aneh. Tiap pemain yang bukan merupakan tim harus bekerja sama untuk memenangkan balapan. Mulai dari menghalangi lawan paling tangguh biar gak menang sampai menentukan siapa pebalap paling depan barisan untuk memecah hambatan angin bagi pebalap di belakangnya. Semua ini ditentukan dari kedekatan antar pebalap.
Menurut Cunningham faktor kemenangan balapan keirin juga berasal dari relasi sosial ini, gak cuma fisik. Ini dilakukan untuk keberlanjutan atlet dalam ajang balapan. Selain itu ini adalah olahraga judi kalo satu orang menang terus, meja judi akan monoton, orang-orang tak mau judi lagi. Bahkan bagi pemain yang nakal ada yang memberi tahu starteginya ke penjudi.
Tak sembarang orang bisa menjadi atlit keirin,mereka harus mengikuti pelatihan selama 11 bulan dalam sekolah yang diatur oleh NJS. Sekolah Keirin Jepang terletak di pegunungan Kota Izu, perfektur Shizuoka. Semua dibiayai oleh NJS kecuali konsumsi pribadi, pakaian dan pengeluaran pribadi. Untuk masuk seleksinya pun ketat, biasanya hanya 15-25% dari total pendaftar yang akan keterima sebagai calon atlit. Tes masuknya meliputi tes fisik dan pengetahuan.
Pada awalnya dahulu didominasi laki-laki, sekarang sudah mulai ada atlet perempuan.
Puncak kepopuleran keirin ada di tahun 1970-an ketika semua orang di Jepang menonton balapan ini. Hingga akhirnya diketahui oleh seluruh dunia karena balapannya yang unik.
Sepeda keirin juga ikut meramaikan style modifikasi sepeda fixie yang digandrungi anak muda ibu kota. Di beberapa negara seperti Kanada, Jerman, Amerika dan Inggris fixie adalah sepeda bergaya bergaya urban. Tampilannya yang sederhana namun catchy, single speed, minim perbaikan membuatnya diminati sebagai alat transportasi kota. Bahkan jadi identitas subkultur pengirim barang di New York dan kota-kota besar. Sepeda balap keirin dengan bentuk sederhana dan memiliki warna yang mencolok umum dipakai oleh pengguna fixie. Namun identitas paling kuat dari sepeda fixie keirin adalah spare parts cap NJS. Setiap spare parts seperti rangka, velg, saddle, stang hingga piringan engkol (crank) di buat langsung dari Jepang. Cap NJS ini adalah standarisasi yang dibuat oleh organisasi balap sepeda Jepang ke pabrik-pabrik pembuatnya. Standar sudah dipakai selama lebih dari 70 tahun dan sepeda keirin terkenal karena bentuknya yang vintage. Bentuk sepeda keirin tidak pernah mengalami perubahan sejak awal hanya terdiri dari batang besi baja dan satu unit sepeda beratnya hanya 10-15 kg.
Bersambung ke postingan selanjutnya........




Baca juga :
65.  Goa Lawa Desa Penusupan Kecamatan Cilongok
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/goa-lawa-desa-panusupan-kecamatan.html
64.  Curug Macan Dusun Cunil Desa Pegalongan Kecamatan Patikraja https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/curug-macan-dusun-cunil-desa-pegalongan.html
63.  Watu Kenteng Dusun keser Desa Notog Kecamatan Patikraja https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/watu-kenteng-dusun-keser-desa-notog.html
62. Gowes Kemerdekaan Penancapan Bendera Merah Putih di Bukit pencit 
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/gowes-kemerdekaan-penancapan-bendera.html 
61. Potensi Alam Sumber Mata Air di Dusun keser Desa Notog Kecamatan Patikraja https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/potensi-alam-sumber-mata-air-di-dusun.html
60. Curug Sewu Atau Kedung Tayub
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/curug-sewu-atau-kedung-tayub-karanglewas.html
59. Gowes Sepeda Gembira,Peduli dan Interaktifnya Patikraja Gowes Mania  https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/gowes-sepeda-gembirapeduli-dan.html
58. Pesona Panorama Jembatan Kereta Api Doble Track Serayu Gambarsari  https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/pesona-panorama-jembatan-kereta-api.html
57. Potensi alam sumber mata air Tamansari Desa Wlahar Wetan https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/potensi-alam-sumber-air-tamansari-desa.html
56. Wadas Tinumpuk Desa Taman Sari Kecamatan Karanglewas https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/wadas-tinumpuk-desa-tamansari-kecamatan.html
55. Potensi Alam Hutan Pogoh Mandirancan Berupa Pemandian Kali Mambu https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/potensi-alam-hutan-pogoh-mandirancan.html
54. Gowes Sepeda Tabras Alam
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/gowes-sepeda-tabras-alam.html
53. Curug Kali Gintung
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/curug-kali-gintung.html
52. Bendungan Arca Purwokerto
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/bendungan-arca-purwokerto.html
51. Gowes Ke Benteng Pendem Cilacap
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/gowes-ke-benteng-pendem-cilacap.html
50. Gowes Sepeda PemKab Banyumas
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/gowes-sepeda-pemkab-banyumas.html
49. Patikraja Gowes Mania Bisnis Site
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/patikraja-gowes-mania-bisnis-site.html
48. Curug Lumpang Curug Yang Hilang
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/curug-lumpang-curug-yang-hilang.html
47. Jembatan Gantung Boko Sumilir Purbalingga https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/jembatan-gantung-boko-sumilir.html
46. Pesona Bukit Pencit Sawangan Wetan Kecamatan Patikraja https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/pesona-bukit-pencit-sawangan-wetan.html
45. Gowes Polsek Patikraja
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-polsek-patikraja.html
44. Gowes Menuju Curug Ceheng
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-menuju-curug-ceheng.html
43. Pesona Panorama Pemandangan Dari Bukit Mbulu https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/pesona-panorama-pemandangan-dari-bukit.html
42. HUT Bhayangkara ke 74
 https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/hut-bhayangkara-ke-74-th.html
41. Gowes Ke Pantai Sodong
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-ke-pantai-sodong.html
40. Keuntungan Bergabung Dengan Komunitas Gowes https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/keuntungan-bergabung-dengan-komunitas.html
39. Gowes Tipis Ke Curug Song Desa Kalisalak Kecamatan Kebasen https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-tipis-ke-curug-song-desa.html
38. Rangkuman Informasi Yang Perlu Diketahui Bagi Pemula Gowes Mania https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/rangkuman-informasi-yang-perlu.html
37. Gowes Sepeda Penuhi Panggilan Bisnis https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-sepeda-penuhi-panggilan-bisnis.html
36. Gowes Tipis Taklukan Tanjakan SMP Negeri 02 Patikraja https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-tipis-taklukan-tanjakan-smp.html
35. Manfaat Dan Resiko Bersepeda
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/manfaat-dan-resiko-bersepeda.html
34. Tips Tentang Bersepeda Yang menyehatkan https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/tips-tentang-bagaimana-bersepeda-yang.html
33. Kawula Muda Yang gemar gowes Itu Keren https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/kawula-muda-yang-gemar-gowes-itu-sangat.html
32. Gowes Dimasa Pandemi Tetap Harus Jaga Diri Dari Bahaya Virus Corona https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-dimasa-pandemi-tetap-harus-jaga.html
31. Menganalisa Tren Gowes Yang Merebak https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/menganalisa-tren-gowes-yang-tengah.html
30. "Viral" Tanjakan Bukit Cinta Pembuktian Perjuangan Cinta Bagi Para Gowes Mania https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/viral-tanjakan-bukit-cinta-pembuktian.html
29. Mencari Peruntungan Dimasa Tren Sepeda Jenis Minion https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/mencari-peruntungan-di-masa-trend.html
28. Latihan Untuk Meningkatkan Kemampuan Bersepeda https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/latihan-untuk-meningkatkan-kemampuan.html
27. Gubernur Ganjar Pranowo Memberi Spirit Dan Inspirasi Untuk Bergowes https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gubernur-ganjar-pranowo-memberi-spirit.html
26. Komunitas Gowes Ciptakan Kepedulian Dan Membangun Rasa Simpati Dan Empati https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/komunitas-gowes-ciptakan-kepedulian-dan.html
25. Bersepeda Latih Kesabaran
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/bersepeda-latih-kesabaran.html
24. Gowes Tipis Alun Alun Banyumas Kuatkan Kembali Silaturahmi https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-tipis-alun-alun-banyumas-kuatkan.html
23. Koleksi Kilometer Gowes Menuju Pantai Indah Widara Payung https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/koleksi-kilometer-gowes-menuju-pantai.html
22. Koleksi Kilometer Gowes Ke Bendungan Danasri https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/koleksi-kilometer-gowes-ke-bendungan.html
21. Pilihan Type Sepeda menggambarkan Karakter Anda https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/pilihan-type-sepeda-menggambarkan.html
20. Gowes Sepeda Bukan Lagi Sekedar Olah Raga https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-sepeda-bukan-lagi-sekedar-olah.html
19. Gowes Tipis Menyusuri Bukti Perhatian Kades Pegalongan Pada Sektor Pertanian https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-tipis-menyusuri-bukti-perhatian.html
18. Hobi Bersepeda Menunjukan Karakter Kepribadian https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/hobi-bersepeda-menunjukkan-karakter.html
17. Demam Sepeda Minion Di Patikraja
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/demam-sepeda-minion-di-patikraja.html
16. Orang Amerika Ingin Tahu Gowes
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/orang-amerika-ingin-tahu-gowes.html
15. Minggu Ceria Dengan Gowes bersama 
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/minggu-ceria-dengan-gowes-bersama.html
14. Gowes Taklukan Jalur Melingkar 
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/gowes-taklukan-jalur-melingkar-koleksi.html
13. Koleksi Kilometer Gowes Jalur Pendek Selatan https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/koleksi-kilometer-goes-jalur-pendek.html
12. Wacana Arah Trend Sepeda Masa Mendatang https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/wacana-arah-trend-sepeda-masa-mendatang.html
11. Modal Gowes Bagi Kebugaran Tubuh
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/modal-gowes-demi-kebugaran-tubuh.html
10. Gowesnya Wong Patikraja 
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/gowesnya-wong-patikraja.html
9.  Rute Jarak Pendek Lintasi Jembatan Gantung https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/rute-jarak-pendek-lintasi-jembatan.html
8.  Cara Bersepeda yang Baik Dan Benar
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/cara-bersepeda-yang-baik-dan-benar.html
7.  Sepeda Untuk Gowes Mania
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/sepeda-untuk-gowes-mania.html
6.  Gowes Rute Bendung Gerak Serayu
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/gowes-rute-bendung-gerak-serayu.html
5.  Sejuta Makna Gowes Bareng Istri
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/sejuta-makna-gowes-bareng-istri.html
4.  Taklukan Bukit Cinta 
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/taklukan-bukit-cinta.html
3.  Bersepeda di Medan Liar
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/bersepeda-di-medan-liar.html
2.  Koleksi Kilometer Jalur Utara
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/koleksi-kilo-meter-jalur-utara.html
1.  Patikraja Gowes Mania
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/patikraja-goes-mania.html



Donasi Ke Penulis :
Nomor rekening BRI : 6823-01-014596-53-0
Atas Nama : SUKARNO YUDI NUGROHO

https://patikrajagowesmania.business.site/






Penulis




ResultsSearchPatikraja, Desa Patikraja,legenda Patikraja, sejarah Desa Patikraja,Patikraja Banyumas, Desa Patikraja,sidabowa, Desa Patikraja,Desa Pegalongan,Desa Sidabowa,Desa Sokawera,Desa Kesungrandu,Desa Sokawera Kidul,Desa Wlahar Kulon,Kecamatan Ajibarang, Desa Ajibarang Kulon, Desa Ajibarang Wetan, Desa Banjarsari, Desa Ciberung, Desa Darmakradenan, Desa Jingkang, Desa Kalibenda, Desa Karangbawang, Desa Kracak, Desa Lesmana, Desa Pancasan, Desa Pancurendang, Desa Pandansari, Desa Sawangan, Desa Tipar, Kecamatan Banyumas, Desa Binangun, Desa Danaraja, Desa Dawuhan, Desa Kalisube, Desa Karangrau, Desa Kedunggede, Desa Kedunguter, Desa Kejawar, Desa Papringan, Desa Pasinggangan, Desa Pekunden, Desa Sudagaran, Kecamatan Baturaden, Desa Purwosari, Desa Karangmangu, Desa Karangsalam Lor, Desa Karangtengah, Desa Kebumen, Desa Kemutug Kidul, Desa Kemutug Lor, Desa Ketenger, Desa Kutasari, Desa Pamijen, Desa Pandak, Desa Rempoah, Kecamatan Cilongok, Desa Batuanten, Desa Cikidang, Desa Cilongok, Desa Cipete, Desa Gununglurah, Desa Jatisaba, Desa Kalisari, Desa Karanglo, Desa Karangtengah, Desa Kasegeran, Desa Langgongsari, Desa Pageraji, Desa Panembangan, Desa Panusupan, Desa Pejogol, Desa Pernasidi, Desa Rancamaya, Desa Sambirata, Desa Sokawera, Desa Sudimara, Kecamatan Gumelar, Desa Cihonje, Desa Cilangkap, Desa Gancang, Desa Gumelar, Desa Karangkemojing, Desa Kedungurang, Desa Paningkaban, Desa Samudra, Desa Samudra Kulon, Desa Tlaga, Kecamatan Jatilawang, Desa Adisara, Desa Bantar, Desa Gentawangi, Desa Gunung Wetan, Desa Karanganyar, Desa Karanglewas, Desa Kedungwringin, Desa Margasana, Desa Pekuncen, Desa Tinggarjaya, Desa Tunjung, Kecamatan Kalibagor, Desa Kalibagor, Desa Kalicupak Kidul, Desa Kalicupak Lor, Desa Kaliori, Desa Kalisogra Wetan, Desa Karangdadap, Desa Pajerukan, Desa Pekaja, Desa Petir, Desa Srowot, Desa Suro, Desa Wlahar Wetan, Kecamatan Karanglewas, Desa Babakan, Desa Jipang, Desa Karanggude Kulon, Desa Karangkemiri, Desa Karanglewas Kidul, Desa Kediri, Desa Pangebatan, Desa Pasir Kulon, Desa Pasir Lor, Desa Pasir Wetan, Desa Singasari, Desa Sunyalangu, Desa Tamansari, Kecamatan Kebasen, Desa Adisana, Desa Bangsa, Desa Cindaga, Desa Gambarsari, Desa Kalisalak, Desa Kaliwedi, Desa Karangsari, Desa Kebasen, Desa Mandirancan, Desa Randegan, Desa Sawangan, Desa Tumiyang, Kecamatan Kedung Banteng, Desa Baseh, Desa Beji, Desa Dawuhan Kulon, Desa Dawuhan Wetan, Desa Kalikesur, Desa Kalisala, Desa Karangnangka, Desa Karangsalam Kidul, Desa Kebocoran, Desa Kedungbanteng, Desa Keniten, Desa Kutaliman, Desa Melung, Desa Windujaya, Kecamatan Kembaran, Desa Bantarwuni, Desa Bojongsari, Desa Dukuhwaluh, Desa Karangsari, Desa Karangsoka, Desa Karangtengah, Desa Kembaran, Desa Kramat, Desa Ledug, Desa Linggasari, Desa Pliken, Desa Purbadana, Desa Purwodadi, Desa Sambeng Kulon, Desa Sambeng Wetan, Desa Tambaksari Kidul, Kecamatan Kemranjen, Desa Alasmalang, Desa Grujugan, Desa Karanggintung, Desa Karangjati, Desa Karangsalam, Desa Kebarongan, Desa Kecila, Desa Kedungpring, Desa Nusamangir, Desa Pageralang, Desa Petarangan, Desa Sibalung, Desa Sibrama, Desa Sidamulya, Desa Sirau, Kecamatan Lumbir, Desa Besuki, Desa Canduk, Desa Cidora, Desa Cingebul, Desa Cirahab, Desa Dermaji, Desa Karanggayam, Desa Kedunggede, Desa Lumbir, Desa Parungkamal, Kecamatan Patikraja, Desa Karanganyar, Desa Karangendep, Desa Kedungrandu, Desa Kedungwringin, Desa Kedungwuluh Kidul, Desa Kedungwuluh Lor, Desa Notog, Desa Patikraja, Desa Pegalongan, Desa Sawangan Wetan, Desa Sidabowa, Desa Sokawera Kidul, Desa Wlahar Kulon, Kecamatan Pekuncen, Desa Banjaranyar, Desa Candinegara, Desa Cibangkong, Desa Cikawung, Desa Cikembulan, Desa Glempang, Desa Karangkemiri, Desa Karangklesem, Desa Krajan, Desa Kranggan, Desa Pasiraman Kidul, Desa Pasiraman Lor, Desa Pekuncen, Desa Petahunan, Desa Semedo, Desa Tumiyang, Kecamatan Purwojati, Desa Gerduren, Desa Kaliputih, Desa Kalitapen, Desa Kaliurip, Desa Kaliwangi, Desa Karangmangu, Desa Karangtalun Kidul, Desa Karangtalun Lor, Desa Klapasawit, Desa Purwojati, Kecamatan Purwokerto Barat, Desa Kedungwuluh, Desa Kober, Desa Bantarsoka, Desa Rejasari, Desa Pasir Kidul, Desa Karanglewas Lor, Desa Pasirmuncang, Kecamatan Purwokerto Selatan, Desa Purwokerto Kulon, Desa Karang Pucung, Desa Karang Klesem, Desa Tanjung, Desa Teluk, Desa Berkoh, Desa Purwokerto Kidul, Kecamatan Purwokerto Timur, Desa Purwokerto Wetan, Desa Mersi, Desa Arcawinangun, Desa Purwokerto Lor, Desa Sokanegara, Desa Kranji, Kecamatan Purwokerto Utara, Desa Bancarkembar, Desa Grendeng, Desa Karangwangkal, Desa Pabuaran, Desa Sumampir, Desa Bobosan, Desa Purwanegara, Kecamatan Rawalo, Desa Banjarparakan, Desa Losari, Desa Menganti, Desa Pesawahan, Desa Rawalo, Desa Sanggreman, Desa Sidamulih, Desa Tambaknegara, Desa Tipar, Kecamatan Sokaraja, Desa Banjaranyar, Desa Banjarsari Kidul, Desa Jompo Kulon, Desa Kalikidang, Desa Karangduren, Desa Karangkedawung, Desa Karangnanas, Desa Karangrau, Desa Kedondong, Desa Klahang, Desa Lemberang, Desa Pamijen, Desa Sokaraja Kidul, Desa Sokaraja Kulon, Desa Sokaraja Lor, Desa Sokaraja Tengah, Desa Sokaraja Wetan, Desa Wiradadi, Kecamatan Somagede, Desa Kanding, Desa Kemawi, Desa Klinting, Desa Piasa Kulon, Desa Plana, Desa Sokawera, Desa Somagede, Desa Somakaton, Desa Tanggeran, Kecamatan Sumbang, Desa Banjarsari Kulon, Desa Banjarsari Wetan, Desa Banteran, Desa Ciberem, Desa Datar, Desa Gandatapa, Desa Karangcegak, Desa Karanggintung, Desa Karangturi, Desa Kawungcarang, Desa Kebanggan, Desa Kedung Malang, Desa Kotayasa, Desa Limpakuwus, Desa Sikapat, Desa Silado, Desa Sumbang, Desa Susukan, Desa Tambaksogra, Kecamatan Sumpiuh, Desa Banjarpanepen, Desa Bogangin, Desa Karanggedang, Desa Kebokura, Desa Kemiri, Desa Ketanda, Desa Kradenan, Desa Kuntili, Desa Lebeng, Desa Nusadadi, Desa Pandak, Desa Selandaka, Desa Selanegara, Desa Sumpiuh, Kecamatan Tambak, Desa Buniayu, Desa Gebangsari, Desa Gumelar Kidul, Desa Gumelar Lor, Desa Kamulyan, Desa Karangpetir, Desa Karangpucung, Desa Pesantren, Desa Plangkapan, Desa Prembun, Desa Purwodadi, Desa Watuagung, Kecamatan Wangon, Desa Banteran, Desa Cikakak, Desa Jambu, Desa Jurangbahas, Desa Klapagading, Desa Klapagading Kulon, Desa Pangadegan, Desa Randegan, Desa Rawaheng, Desa Wangon, Desa Windunegara, toko sepeda, Patikraja, Desa Patikraja, Kecamatan Patikraja, sepeda onta, Pasar Patikraja, Balai Desa Patikraja, Lapangan Patikraja, Jembatan logawa, Jembatan Serayu, info Patikraja, MTs Muhammadiyah Patikraja, Masjid Baitul Muslimin Patikraja, Sungai Logawa, Sungai Serayu, Jembatan Kali Terus, SMP Negeri 1 Patikraja, SMP Negeri 2 Patikraja, SD Negeri 1 Patikraja, SD Negeti 2 Patikraja, Madrasah Iptidaiyah Patikraja, Madrasah Iptidaiyah Maarif Patikraja, SMA Negeri Patikraja, UPK Patikraja, KUA Patikraja, PPAI Patikraja, TK Pertiwi Patikraja, TK Diponegoro Patikraja, Organisasi Muhammadiyah Patikraja, Organisasi Nahdlatul Ulama Patikraja, Ranting Muhammadiyah Patikraja, Ranting Nahdlatul Ulama Patikraja, IPPNU Patikraja, IRM Patikraja, Apotik Patikraja, BRI Patikraja, Mandiri Patikraja, Mini Market Patikraja, Puskesmas Patikraja, Kantor Kecamatan Patikraja, Gedung Da’wah Muhammadiyah Patikraja, KUD Patikraja, Ahass Patikraja, TK aisiyah Patikraja, pelek sepeda, Bengkel Patikraja, aturan bersepeda, PGRI Patikraja, Polsek Patikraja, Dan Ramil Patikraja, bel sepeda, sadel sepeda, pedal sepeda, Kecelakaan lalu-lintas di Patikraja, Penghulu Patikraja, pantai ayah, keyword Pattikraja, pantai jetis, widarapayung, curug song, sepeda aloy, frame sepeda, corona, TPQ Patikraja, Mushola di Patikraja, sepeda road race, Bank Jateng Patikraja, BKK Patikraja, sepeda gunung, sepeda wim cycle, sepeda balap, sepeda federal, sepeda minion, sepeda unik, Warnet Hokery Patikraja, Masjid Sirojul Patikraja, Mushola Almaulana Patikraja, SSB Patikraja, facebook Patikraja, Jalan Balai Desa Patikraja, Counter Hp Patikraja, Logawa Celluler Patikraja, Zullfa Celluler Patikraja, G Celluler Patikraja, Foto Copy Patikraja, Kuburan Patikraja, Bantaran Sungai Patikraja, Warung Sate Dua Saudara Patikraja, Toko Roti Patikraja, Bank Surya Yudha Patikraja, Paving Block Patikraja, Toko Bahan Bangunan Patikraja, Toko Viola Patikraja, Toko Kacek Patikraja, Toko Gimin Patikraja, Perangkat Desa Patikraja, Pemdes Patikraja, Desa Pegalongan, Desa Mandirancan, Mendowan Mendol, Budz Burger, Ngepas Patikraja,