Penulis bukan orang yang ahli dalam bidang kesehatan dan bukan pakar tentang persepedaan,namun penulis merangkum informasi dari berbagai sumber untuk dibagikan di Blogspot ini dan semoga bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.Silahkan dibaca dan dipelajari hingga pengetahuan Anda dalam bersepeda bisa menyehatkan badan dan mengurangi resiko akibat aktifitas bersepeda.
Rata rata berolahraga umumnya di lakukan dengan durasi sekitar tiga puluh sampai empat puluh lima menit dengan waktu penjadwalan tiga sampai empat kali seminggu. Namun untuk kegiatan olahraga bersepeda disarankan sebaiknya dilakukan 2 sampai 3 jam dalam seminggu atau diambil rata-rata 30 menit dalam sehari.Sebuah studi menunjukkan bahwa bersepeda memiliki segudang manfaat kesehatan, dari kesehatan jantung hingga kebugaran tubuh. Jika melakukannya secara rutin, bersepeda dapat menurunkan risiko penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan stroke.studi tersebut juga menyatakan bersepeda dengan daya tempuh sekitar 32 KM per minggu dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 50 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak bersepeda. Sementara itu, bersepeda 30 menit per hari yang dikombinasikan dengan membatasi asupan kalori akan mendapat hasil yang setara dengan mengikuti kelas aerobik tiga kali seminggu.
Bersepedalah secara konsisten dua kali seminggu dan tempuhlah jarak yang lebih jauh pada akhir pekan secara konsisten. Ini adalah cara terbaik membangun kebugaran jantung dan pembuluh darah melalui rutinitas bersepeda. Kamu akan segera merasakan manfaatnya.Untuk mendapat manfaat maksimal dari aktivitas bersepeda, lakukan langkah langkah di bawah ini!
- Perhatikan Irama Dayungan
Bersepeda yang baik dan menyehatkan perlu memperhatikan irama dayung.Menurut dokter ahli yang berkutit seputar anatomi tubuh dan pengamat olahraga aerobik menyatakan bahwa irama mendayung pedal yang ideal pada umumnya berkisar 60-80 putaran per menit (rpm) untuk manfaat kesehatan dan kebugaran, berbeda dengan pembalap sepeda yang mengejar jarak tempuh dan waktu serta posisi dan prestasi,mereka bisa mengayuh pedal di kisaran 80-100 rpm.Anda bisa senantiasa secara bertahap meningkatkan kecepatan dan kekuatan dengan menyempurnakan kayuhan sepeda. Cobalah untuk bergantian mendorong dan menarik pedal antara kaki kanan dan kiri secara perlahan-lahan bila pedal Anda berjenis clipless pedal. Dengan begini, akan lebih banyak otot yang terkena dampak tekanan sehingga bisa menjadikan kaki lebih ramping.
- Perhatikan dan ubahlah Posisi Tubuh
Untuk supaya tekanan dan titik berat pada otot serta saraf tidak selalu terkonsentrasi di satu area tertentu, cobalah untuk sesekali memvariasikan posisi tubuh dan tangan. Ubahlah sudut lengan, punggung, dan leher. Santai saja, lengan dan sikumu tidak perlu dibuat kaku terkunci agar lebih mudah ketika melalui jalanan yang tidak rata. Selain itu, hindari berpegangan pada bagian melengkung setang untuk waktu yang lama. Hal ini dapat membuat kram pada tangan, bahu, dan leher.
- Dalam Tujuan bersepeda Untuk Menguruskan Badan
Dalam sebuah study kesehatan berkait manfaat bersepeda, menyimpulkan bahwa aktivitas bersepeda selama 2-3 jam seminggu membantu mencegah kenaikan berat badan. Untuk mengurangi kelebihan berat badan, mulailah bersepeda secara rutin. Lakukan rutinitas mendayung sepeda paling tidak 30 menit per hari. Bisa dengan memulainya di medan datar untuk 3-4 minggu pertama.Untuk kemudian secara bertahap, tingkatkan juga intensitas bersepeda serta tingkatkan level kesulitan medan. Jalan yang berbukit bisa menjadi bentuk latihan yang cocok. Agar olahraga ini menjadi kian menyenangkan, Anda bisa berbagi kesenangan dengan bersepeda kepada teman-teman atau komunitas sepeda. Bersepeda secara berkelompok dapat membuat jarak yang jauh menjadi terasa dekat sekaligus menambah motivasi untuk menjadi pesepeda yang lebih baik.
- Bagaimana cara mengolah Otot
Mendayung sepeda di jalan yang menanjak mungkin akan membuat Anda mengayuh pedal dengan susah payah hingga berkeringat. Pada situasi inilah asam laktat menumpuk di otot dan dapat berkontribusi terhadap timbulnya nyeri otot. Asam laktat sendiri merupakan hasil metabolisme karbohidrat yang diproduksi di sel otot.Cara melakukan langkah pencegahan agar tak mengalami nyeri otot, tetaplah mengayuh sepeda ketika di jalan menurun, walaupun memang tanpa dikayuh pun sepeda dapat meluncur begitu saja. Nyatanya dengan mengayuh ringan terus-menerus saat di jalan menurun, kamu dapat membantu menghilangkan asam laktat.
- Kondisi Sepeda sebaiknya Sesuai Untuk dipakai
Dalam memilih sepeda pastikan ukuran frame atau kerangka sepeda tepat untuk tubuh, Anda bisa mengangkangi sepeda dengan kaki menapak rata dengan tanah.Sebagai bahan pengetahuan bagi Anda,berikut adalah ciri-ciri ideal sepeda yang tepat untuk disesuaikan dengan tubuh Anda.
Untuk sepeda umum, harus ada jarak 2,5-5 cm antara pangkal paha dengan top tube alias kerangka sepeda bagian atas yang menghubungkan setang dengan jok. Sedangkan untuk sepeda gunung, setidaknya ada jarak 5 cm antara pangkal paha dan top tube.Ketika pedal berada di titik terendah dalam rotasi, idealnya posisi kaki sedikit menekuk.
Tekuk siku sedikit saja sehingga tidak terlalu jauh atau terlalu dekat dengan setang.
Apa pun jenis dan gaya sepeda yang Anda pilih, entah itu sepeda fixed gear maupun jenis sepeda lainnya, tetap saja bila frame tidak cocok dengan Anda, maka bisa mengalami nyeri otot serta lebih rentan terjatuh.
- Perhatikan waktu yang tepat untuk bersepeda
Bersepeda memiliki banyak manfaat. Namun apakah anda pernah mempertimbangkan kira kira kapan waktu yang tepat di gunakan untuk bersepeda? Apakah jadwal bersepeda Anda sudah tepat sesuai seperti yang Anda butuhkan? Simak penjelasan berikut.
1. Kenyamanan
Sebenarnya bersepeda di jam berapapun sah sah saja .Setiap orang memiliki waktu favorit bersepeda masing masing. Semua sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan. Jika Anda tipe orang yang tidak membenci matahari yang terik Anda tentunya tidak keberatan untuk bersepeda di siang hari karena cahaya matahari yang hangat dapat membantu kita mengeluarkan lebih banyak keringat. Jika Anda tidak ingin sinar UV mempengaruhi kulit, Anda dapat bersepeda di pagi buta atau sore menjelang matahari terbenam. Melihat matahari terbit atau tenggeam dengan bersepeda juga menyenangkan jika tujuan Anda bersepeda adalah untuk menenangkan diri atau menikmati suasana. Bersepeda di malam hari juga tidak masalah asalkan Anda tahan dengan suhu yang dingin atau memang sedang touring.
2. Durasi sesuai kebutuhan
Rata rata olahraga pada umumnya di lakukan dengan durasi tiga puluh sampai empat puluh lima menit dalam tiga sampai empat kali seminggu. Namun untuk kegiatan olahraga seperti bersepeda baiknya dilakukan 2 sampai 3 jam dalam seminggu atau 30 menit dalam sehari. Anda bisa memulainya dengan bersepeda ringan dan menaikan level bersepeda saat tubuh mulai terbiasa. Namun Anda perlu berkonsultasi pada dokter jika mempunyai penyakit tertentu.
3. Kondisi tubuh
Durasi dan intensitas bersepeda di atas akan berbeda beda sesuai dengan kondisi tubuh. Hal tersebut di atur dengan perimbangan
Umur
Jenis kelamin
Ketahanan fisik
Tujuan bersepeda
Target penurunan berat badan
Penyakit yang diderita
Seberapapun durasi yang di anjurkan untuk berolahraga, yang paling mengerti kemampuan tubuh adalah diri kita sendiri. Ingat, Anda tidak perlu memforsir tubuh terlalu keras. Jika anda mempunyai target yang besar Anda perlu melatih terlebih dahulu tubuh Anda dari durasi yang mampu di lakukan dan menambahnya jika sudah terbiasa sampai target tercapai.Berikut penjelasan singkat yang dapat membantu anda memikirkan jadwal, durasi dan target bersepeda. semoga bermanfaat dan silahkan mencoba.
Para akademisi ternyata bersepakat bahwa memang pagi hari merupakan waktu terbaik untuk berolahraga. Cocok dengan pendapat para orang tua terdahulu bahwa Pagi hari merupakan saat di mana udara masih bersih dan segar sehingga suplai oksigen ke dalam tubuh pun optimal.
Ternyata ada beberapa alasan lain yang membuat waktu pagi hari memiliki bobot lebih sebagai pilihan terbaik waktu untuk olahraga termasuk bersepeda.
Bersepeda di pagi hari akan membakar lemak lebih banyak
Secara alami, tubuh kita membakar dua jenis sumber energi Anda yaitu lemak dan glukosa. “Baik untuk memulai hari dengan peningkatan metabolisme dalam tubuh, yang berarti Anda melakukan pembakaran lemak saat memulai hari,” terang Monica Nelson, dari American Council on Exercise-certified.
Ketika Anda tidur tubuh Anda membakar glukosa dan meninggalkan Anda dengan lemak yang lebih banyak saat bangun. Itulah sebabnya lemak akan lebih banyak dibakar saat olahraga pagi.
Meski demikian, patut kita camkan bahwa Olahraga dengan latihan intensitas tinggi di pagi hari sebelum sarapan sangat tidak dianjurkan oleh para ahli. Sebab, latihan/olahraga dengan intensitas tinggi di pagi hari sebelum sarapan akan berpotensi menjadi penyebab tubuh mengalami kelelahan di tengah latihan sehingga setengah latihan selanjutnya terlewatkan. “Ini akan membuat tubuh Anda lemas karena kekurangan energi. Semakin sedikit energi digunakan semakin sedikit lemak dibakar,” terang Nelson.
Bersepeda di pagi hari dan dapatkan tidur anda lebih nyenyak
Studi telah menunjukkan bahwa pria dan wanita yang berolahraga (termasuk aktivitas bersepeda di dalamnya) di waktu pagi hari akan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas (nyenyak) dibandingkan efek yang dapat ditimbulkan oleh aktivitas olahraga pada pilihan waktu lain. Ini disebabkan karena otot-otot membutuhkan waktu untuk bersantai dan menjadi normal, sehingga berolahraga di malam hari misalnya justru akan mengganggu tidur kita.
Pilihan dan ketersediaan ruang yang lebih banyak
Kita tentu akan sepakat jika bersepeda maupun aktivitas olahraga lain di pagi hari maka tujuan dan pilihan ruang pun lebih variatif. Kita cenderung bisa bersepeda ke tempat-tempat yang kita kehendaki dengan lebih bebas, sebab waktu pagi mungkin jalanan masih cenderung sepi dengan orang dan kendaraan. Efeknya juga berpengaruh pada psikologi kita, pada kondisi ini akan membuat perasaan kita lebih tenang dan leluasa dalam berolahraga.
Demikian informasi yang penulis nukil dari berbagai sumber agar bersepeda itu menyelamatkan dan menyehatkan tubuh.Selamat mencoba,salam satu pedal.
Baca juga :
65. Goa Lawa Desa Penusupan Kecamatan Cilongok
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/goa-lawa-desa-panusupan-kecamatan.html
64. Curug Macan Dusun Cunil Desa Pegalongan Kecamatan Patikraja https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/curug-macan-dusun-cunil-desa-pegalongan.html
63. Watu Kenteng Dusun keser Desa Notog Kecamatan Patikraja https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/watu-kenteng-dusun-keser-desa-notog.html
61. Potensi Alam Sumber Mata Air di Dusun keser Desa Notog Kecamatan Patikraja https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/potensi-alam-sumber-mata-air-di-dusun.html
60. Curug Sewu Atau Kedung Tayub
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/curug-sewu-atau-kedung-tayub-karanglewas.html
59. Gowes Sepeda Gembira,Peduli dan Interaktifnya Patikraja Gowes Mania https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/gowes-sepeda-gembirapeduli-dan.html
58. Pesona Panorama Jembatan Kereta Api Doble Track Serayu Gambarsari https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/pesona-panorama-jembatan-kereta-api.html
57. Potensi alam sumber mata air Tamansari Desa Wlahar Wetan https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/potensi-alam-sumber-air-tamansari-desa.html
56. Wadas Tinumpuk Desa Taman Sari Kecamatan Karanglewas https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/wadas-tinumpuk-desa-tamansari-kecamatan.html
55. Potensi Alam Hutan Pogoh Mandirancan Berupa Pemandian Kali Mambu https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/potensi-alam-hutan-pogoh-mandirancan.html
54. Gowes Sepeda Tabras Alam
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/gowes-sepeda-tabras-alam.html
53. Curug Kali Gintung
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/curug-kali-gintung.html
52. Bendungan Arca Purwokerto
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/bendungan-arca-purwokerto.html
51. Gowes Ke Benteng Pendem Cilacap
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/gowes-ke-benteng-pendem-cilacap.html
50. Gowes Sepeda PemKab Banyumas
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/gowes-sepeda-pemkab-banyumas.html
49. Patikraja Gowes Mania Bisnis Site
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/patikraja-gowes-mania-bisnis-site.html
48. Curug Lumpang Curug Yang Hilang
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/curug-lumpang-curug-yang-hilang.html
47. Jembatan Gantung Boko Sumilir Purbalingga https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/jembatan-gantung-boko-sumilir.html
46. Pesona Bukit Pencit Sawangan Wetan Kecamatan Patikraja https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/pesona-bukit-pencit-sawangan-wetan.html
45. Gowes Polsek Patikraja
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-polsek-patikraja.html
44. Gowes Menuju Curug Ceheng
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-menuju-curug-ceheng.html
43. Pesona Panorama Pemandangan Dari Bukit Mbulu https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/pesona-panorama-pemandangan-dari-bukit.html
42. HUT Bhayangkara ke 74
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/hut-bhayangkara-ke-74-th.html
41. Gowes Ke Pantai Sodong
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-ke-pantai-sodong.html
40. Keuntungan Bergabung Dengan Komunitas Gowes https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/keuntungan-bergabung-dengan-komunitas.html
39. Gowes Tipis Ke Curug Song Desa Kalisalak Kecamatan Kebasen https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-tipis-ke-curug-song-desa.html
38. Rangkuman Informasi Yang Perlu Diketahui Bagi Pemula Gowes Mania https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/rangkuman-informasi-yang-perlu.html
37. Gowes Sepeda Penuhi Panggilan Bisnis https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-sepeda-penuhi-panggilan-bisnis.html
36. Gowes Tipis Taklukan Tanjakan SMP Negeri 02 Patikraja https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-tipis-taklukan-tanjakan-smp.html
35. Manfaat Dan Resiko Bersepeda
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/manfaat-dan-resiko-bersepeda.html
34. Tips Tentang Bersepeda Yang menyehatkan https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/tips-tentang-bagaimana-bersepeda-yang.html
33. Kawula Muda Yang gemar gowes Itu Keren https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/kawula-muda-yang-gemar-gowes-itu-sangat.html
32. Gowes Dimasa Pandemi Tetap Harus Jaga Diri Dari Bahaya Virus Corona https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-dimasa-pandemi-tetap-harus-jaga.html
31. Menganalisa Tren Gowes Yang Merebak https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/menganalisa-tren-gowes-yang-tengah.html
30. "Viral" Tanjakan Bukit Cinta Pembuktian Perjuangan Cinta Bagi Para Gowes Mania https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/viral-tanjakan-bukit-cinta-pembuktian.html
29. Mencari Peruntungan Dimasa Tren Sepeda Jenis Minion https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/mencari-peruntungan-di-masa-trend.html
28. Latihan Untuk Meningkatkan Kemampuan Bersepeda https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/latihan-untuk-meningkatkan-kemampuan.html
27. Gubernur Ganjar Pranowo Memberi Spirit Dan Inspirasi Untuk Bergowes https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gubernur-ganjar-pranowo-memberi-spirit.html
26. Komunitas Gowes Ciptakan Kepedulian Dan Membangun Rasa Simpati Dan Empati https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/komunitas-gowes-ciptakan-kepedulian-dan.html
25. Bersepeda Latih Kesabaran
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/bersepeda-latih-kesabaran.html
24. Gowes Tipis Alun Alun Banyumas Kuatkan Kembali Silaturahmi https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-tipis-alun-alun-banyumas-kuatkan.html
23. Koleksi Kilometer Gowes Menuju Pantai Indah Widara Payung https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/koleksi-kilometer-gowes-menuju-pantai.html
22. Koleksi Kilometer Gowes Ke Bendungan Danasri https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/koleksi-kilometer-gowes-ke-bendungan.html
21. Pilihan Type Sepeda menggambarkan Karakter Anda https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/pilihan-type-sepeda-menggambarkan.html
20. Gowes Sepeda Bukan Lagi Sekedar Olah Raga https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-sepeda-bukan-lagi-sekedar-olah.html
19. Gowes Tipis Menyusuri Bukti Perhatian Kades Pegalongan Pada Sektor Pertanian https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-tipis-menyusuri-bukti-perhatian.html
18. Hobi Bersepeda Menunjukan Karakter Kepribadian https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/hobi-bersepeda-menunjukkan-karakter.html
17. Demam Sepeda Minion Di Patikraja
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/demam-sepeda-minion-di-patikraja.html
16. Orang Amerika Ingin Tahu Gowes
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/orang-amerika-ingin-tahu-gowes.html
15. Minggu Ceria Dengan Gowes bersama
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/minggu-ceria-dengan-gowes-bersama.html
14. Gowes Taklukan Jalur Melingkar
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/gowes-taklukan-jalur-melingkar-koleksi.html
13. Koleksi Kilometer Gowes Jalur Pendek Selatan https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/koleksi-kilometer-goes-jalur-pendek.html
12. Wacana Arah Trend Sepeda Masa Mendatang https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/wacana-arah-trend-sepeda-masa-mendatang.html
11. Modal Gowes Bagi Kebugaran Tubuh
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/modal-gowes-demi-kebugaran-tubuh.html
10. Gowesnya Wong Patikraja
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/gowesnya-wong-patikraja.html
9. Rute Jarak Pendek Lintasi Jembatan Gantung https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/rute-jarak-pendek-lintasi-jembatan.html
8. Cara Bersepeda yang Baik Dan Benar
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/cara-bersepeda-yang-baik-dan-benar.html
7. Sepeda Untuk Gowes Mania
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/sepeda-untuk-gowes-mania.html
6. Gowes Rute Bendung Gerak Serayu
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/gowes-rute-bendung-gerak-serayu.html
5. Sejuta Makna Gowes Bareng Istri
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/sejuta-makna-gowes-bareng-istri.html
4. Taklukan Bukit Cinta
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/taklukan-bukit-cinta.html
3. Bersepeda di Medan Liar
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/bersepeda-di-medan-liar.html
2. Koleksi Kilometer Jalur Utara
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/koleksi-kilo-meter-jalur-utara.html
1. Patikraja Gowes Mania
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/patikraja-goes-mania.html
Rata rata berolahraga umumnya di lakukan dengan durasi sekitar tiga puluh sampai empat puluh lima menit dengan waktu penjadwalan tiga sampai empat kali seminggu. Namun untuk kegiatan olahraga bersepeda disarankan sebaiknya dilakukan 2 sampai 3 jam dalam seminggu atau diambil rata-rata 30 menit dalam sehari.Sebuah studi menunjukkan bahwa bersepeda memiliki segudang manfaat kesehatan, dari kesehatan jantung hingga kebugaran tubuh. Jika melakukannya secara rutin, bersepeda dapat menurunkan risiko penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan stroke.studi tersebut juga menyatakan bersepeda dengan daya tempuh sekitar 32 KM per minggu dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 50 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak bersepeda. Sementara itu, bersepeda 30 menit per hari yang dikombinasikan dengan membatasi asupan kalori akan mendapat hasil yang setara dengan mengikuti kelas aerobik tiga kali seminggu.
Bersepedalah secara konsisten dua kali seminggu dan tempuhlah jarak yang lebih jauh pada akhir pekan secara konsisten. Ini adalah cara terbaik membangun kebugaran jantung dan pembuluh darah melalui rutinitas bersepeda. Kamu akan segera merasakan manfaatnya.Untuk mendapat manfaat maksimal dari aktivitas bersepeda, lakukan langkah langkah di bawah ini!
- Perhatikan Irama Dayungan
Bersepeda yang baik dan menyehatkan perlu memperhatikan irama dayung.Menurut dokter ahli yang berkutit seputar anatomi tubuh dan pengamat olahraga aerobik menyatakan bahwa irama mendayung pedal yang ideal pada umumnya berkisar 60-80 putaran per menit (rpm) untuk manfaat kesehatan dan kebugaran, berbeda dengan pembalap sepeda yang mengejar jarak tempuh dan waktu serta posisi dan prestasi,mereka bisa mengayuh pedal di kisaran 80-100 rpm.Anda bisa senantiasa secara bertahap meningkatkan kecepatan dan kekuatan dengan menyempurnakan kayuhan sepeda. Cobalah untuk bergantian mendorong dan menarik pedal antara kaki kanan dan kiri secara perlahan-lahan bila pedal Anda berjenis clipless pedal. Dengan begini, akan lebih banyak otot yang terkena dampak tekanan sehingga bisa menjadikan kaki lebih ramping.
- Perhatikan dan ubahlah Posisi Tubuh
Untuk supaya tekanan dan titik berat pada otot serta saraf tidak selalu terkonsentrasi di satu area tertentu, cobalah untuk sesekali memvariasikan posisi tubuh dan tangan. Ubahlah sudut lengan, punggung, dan leher. Santai saja, lengan dan sikumu tidak perlu dibuat kaku terkunci agar lebih mudah ketika melalui jalanan yang tidak rata. Selain itu, hindari berpegangan pada bagian melengkung setang untuk waktu yang lama. Hal ini dapat membuat kram pada tangan, bahu, dan leher.
- Dalam Tujuan bersepeda Untuk Menguruskan Badan
Dalam sebuah study kesehatan berkait manfaat bersepeda, menyimpulkan bahwa aktivitas bersepeda selama 2-3 jam seminggu membantu mencegah kenaikan berat badan. Untuk mengurangi kelebihan berat badan, mulailah bersepeda secara rutin. Lakukan rutinitas mendayung sepeda paling tidak 30 menit per hari. Bisa dengan memulainya di medan datar untuk 3-4 minggu pertama.Untuk kemudian secara bertahap, tingkatkan juga intensitas bersepeda serta tingkatkan level kesulitan medan. Jalan yang berbukit bisa menjadi bentuk latihan yang cocok. Agar olahraga ini menjadi kian menyenangkan, Anda bisa berbagi kesenangan dengan bersepeda kepada teman-teman atau komunitas sepeda. Bersepeda secara berkelompok dapat membuat jarak yang jauh menjadi terasa dekat sekaligus menambah motivasi untuk menjadi pesepeda yang lebih baik.
- Bagaimana cara mengolah Otot
Mendayung sepeda di jalan yang menanjak mungkin akan membuat Anda mengayuh pedal dengan susah payah hingga berkeringat. Pada situasi inilah asam laktat menumpuk di otot dan dapat berkontribusi terhadap timbulnya nyeri otot. Asam laktat sendiri merupakan hasil metabolisme karbohidrat yang diproduksi di sel otot.Cara melakukan langkah pencegahan agar tak mengalami nyeri otot, tetaplah mengayuh sepeda ketika di jalan menurun, walaupun memang tanpa dikayuh pun sepeda dapat meluncur begitu saja. Nyatanya dengan mengayuh ringan terus-menerus saat di jalan menurun, kamu dapat membantu menghilangkan asam laktat.
- Kondisi Sepeda sebaiknya Sesuai Untuk dipakai
Dalam memilih sepeda pastikan ukuran frame atau kerangka sepeda tepat untuk tubuh, Anda bisa mengangkangi sepeda dengan kaki menapak rata dengan tanah.Sebagai bahan pengetahuan bagi Anda,berikut adalah ciri-ciri ideal sepeda yang tepat untuk disesuaikan dengan tubuh Anda.
Untuk sepeda umum, harus ada jarak 2,5-5 cm antara pangkal paha dengan top tube alias kerangka sepeda bagian atas yang menghubungkan setang dengan jok. Sedangkan untuk sepeda gunung, setidaknya ada jarak 5 cm antara pangkal paha dan top tube.Ketika pedal berada di titik terendah dalam rotasi, idealnya posisi kaki sedikit menekuk.
Tekuk siku sedikit saja sehingga tidak terlalu jauh atau terlalu dekat dengan setang.
Apa pun jenis dan gaya sepeda yang Anda pilih, entah itu sepeda fixed gear maupun jenis sepeda lainnya, tetap saja bila frame tidak cocok dengan Anda, maka bisa mengalami nyeri otot serta lebih rentan terjatuh.
- Perhatikan waktu yang tepat untuk bersepeda
Bersepeda memiliki banyak manfaat. Namun apakah anda pernah mempertimbangkan kira kira kapan waktu yang tepat di gunakan untuk bersepeda? Apakah jadwal bersepeda Anda sudah tepat sesuai seperti yang Anda butuhkan? Simak penjelasan berikut.
— Patikraja Gowes Mania (@PatikrajaM) June 13, 2020
1. Kenyamanan
Sebenarnya bersepeda di jam berapapun sah sah saja .Setiap orang memiliki waktu favorit bersepeda masing masing. Semua sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan. Jika Anda tipe orang yang tidak membenci matahari yang terik Anda tentunya tidak keberatan untuk bersepeda di siang hari karena cahaya matahari yang hangat dapat membantu kita mengeluarkan lebih banyak keringat. Jika Anda tidak ingin sinar UV mempengaruhi kulit, Anda dapat bersepeda di pagi buta atau sore menjelang matahari terbenam. Melihat matahari terbit atau tenggeam dengan bersepeda juga menyenangkan jika tujuan Anda bersepeda adalah untuk menenangkan diri atau menikmati suasana. Bersepeda di malam hari juga tidak masalah asalkan Anda tahan dengan suhu yang dingin atau memang sedang touring.
2. Durasi sesuai kebutuhan
Rata rata olahraga pada umumnya di lakukan dengan durasi tiga puluh sampai empat puluh lima menit dalam tiga sampai empat kali seminggu. Namun untuk kegiatan olahraga seperti bersepeda baiknya dilakukan 2 sampai 3 jam dalam seminggu atau 30 menit dalam sehari. Anda bisa memulainya dengan bersepeda ringan dan menaikan level bersepeda saat tubuh mulai terbiasa. Namun Anda perlu berkonsultasi pada dokter jika mempunyai penyakit tertentu.
3. Kondisi tubuh
Durasi dan intensitas bersepeda di atas akan berbeda beda sesuai dengan kondisi tubuh. Hal tersebut di atur dengan perimbangan
Umur
Jenis kelamin
Ketahanan fisik
Tujuan bersepeda
Target penurunan berat badan
Penyakit yang diderita
Seberapapun durasi yang di anjurkan untuk berolahraga, yang paling mengerti kemampuan tubuh adalah diri kita sendiri. Ingat, Anda tidak perlu memforsir tubuh terlalu keras. Jika anda mempunyai target yang besar Anda perlu melatih terlebih dahulu tubuh Anda dari durasi yang mampu di lakukan dan menambahnya jika sudah terbiasa sampai target tercapai.Berikut penjelasan singkat yang dapat membantu anda memikirkan jadwal, durasi dan target bersepeda. semoga bermanfaat dan silahkan mencoba.
Para akademisi ternyata bersepakat bahwa memang pagi hari merupakan waktu terbaik untuk berolahraga. Cocok dengan pendapat para orang tua terdahulu bahwa Pagi hari merupakan saat di mana udara masih bersih dan segar sehingga suplai oksigen ke dalam tubuh pun optimal.
Ternyata ada beberapa alasan lain yang membuat waktu pagi hari memiliki bobot lebih sebagai pilihan terbaik waktu untuk olahraga termasuk bersepeda.
Bersepeda di pagi hari akan membakar lemak lebih banyak
Secara alami, tubuh kita membakar dua jenis sumber energi Anda yaitu lemak dan glukosa. “Baik untuk memulai hari dengan peningkatan metabolisme dalam tubuh, yang berarti Anda melakukan pembakaran lemak saat memulai hari,” terang Monica Nelson, dari American Council on Exercise-certified.
Ketika Anda tidur tubuh Anda membakar glukosa dan meninggalkan Anda dengan lemak yang lebih banyak saat bangun. Itulah sebabnya lemak akan lebih banyak dibakar saat olahraga pagi.
Meski demikian, patut kita camkan bahwa Olahraga dengan latihan intensitas tinggi di pagi hari sebelum sarapan sangat tidak dianjurkan oleh para ahli. Sebab, latihan/olahraga dengan intensitas tinggi di pagi hari sebelum sarapan akan berpotensi menjadi penyebab tubuh mengalami kelelahan di tengah latihan sehingga setengah latihan selanjutnya terlewatkan. “Ini akan membuat tubuh Anda lemas karena kekurangan energi. Semakin sedikit energi digunakan semakin sedikit lemak dibakar,” terang Nelson.
Bersepeda di pagi hari dan dapatkan tidur anda lebih nyenyak
Studi telah menunjukkan bahwa pria dan wanita yang berolahraga (termasuk aktivitas bersepeda di dalamnya) di waktu pagi hari akan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas (nyenyak) dibandingkan efek yang dapat ditimbulkan oleh aktivitas olahraga pada pilihan waktu lain. Ini disebabkan karena otot-otot membutuhkan waktu untuk bersantai dan menjadi normal, sehingga berolahraga di malam hari misalnya justru akan mengganggu tidur kita.
Pilihan dan ketersediaan ruang yang lebih banyak
Kita tentu akan sepakat jika bersepeda maupun aktivitas olahraga lain di pagi hari maka tujuan dan pilihan ruang pun lebih variatif. Kita cenderung bisa bersepeda ke tempat-tempat yang kita kehendaki dengan lebih bebas, sebab waktu pagi mungkin jalanan masih cenderung sepi dengan orang dan kendaraan. Efeknya juga berpengaruh pada psikologi kita, pada kondisi ini akan membuat perasaan kita lebih tenang dan leluasa dalam berolahraga.
Demikian informasi yang penulis nukil dari berbagai sumber agar bersepeda itu menyelamatkan dan menyehatkan tubuh.Selamat mencoba,salam satu pedal.
Baca juga :
65. Goa Lawa Desa Penusupan Kecamatan Cilongok
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/goa-lawa-desa-panusupan-kecamatan.html
64. Curug Macan Dusun Cunil Desa Pegalongan Kecamatan Patikraja https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/curug-macan-dusun-cunil-desa-pegalongan.html
63. Watu Kenteng Dusun keser Desa Notog Kecamatan Patikraja https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/watu-kenteng-dusun-keser-desa-notog.html
62. Gowes Kemerdekaan Penancapan Bendera Merah Putih di Bukit pencit
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/gowes-kemerdekaan-penancapan-bendera.html 61. Potensi Alam Sumber Mata Air di Dusun keser Desa Notog Kecamatan Patikraja https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/potensi-alam-sumber-mata-air-di-dusun.html
60. Curug Sewu Atau Kedung Tayub
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/curug-sewu-atau-kedung-tayub-karanglewas.html
59. Gowes Sepeda Gembira,Peduli dan Interaktifnya Patikraja Gowes Mania https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/gowes-sepeda-gembirapeduli-dan.html
58. Pesona Panorama Jembatan Kereta Api Doble Track Serayu Gambarsari https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/pesona-panorama-jembatan-kereta-api.html
57. Potensi alam sumber mata air Tamansari Desa Wlahar Wetan https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/potensi-alam-sumber-air-tamansari-desa.html
56. Wadas Tinumpuk Desa Taman Sari Kecamatan Karanglewas https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/wadas-tinumpuk-desa-tamansari-kecamatan.html
55. Potensi Alam Hutan Pogoh Mandirancan Berupa Pemandian Kali Mambu https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/potensi-alam-hutan-pogoh-mandirancan.html
54. Gowes Sepeda Tabras Alam
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/gowes-sepeda-tabras-alam.html
53. Curug Kali Gintung
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/curug-kali-gintung.html
52. Bendungan Arca Purwokerto
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/bendungan-arca-purwokerto.html
51. Gowes Ke Benteng Pendem Cilacap
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/gowes-ke-benteng-pendem-cilacap.html
50. Gowes Sepeda PemKab Banyumas
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/gowes-sepeda-pemkab-banyumas.html
49. Patikraja Gowes Mania Bisnis Site
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/patikraja-gowes-mania-bisnis-site.html
48. Curug Lumpang Curug Yang Hilang
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/curug-lumpang-curug-yang-hilang.html
47. Jembatan Gantung Boko Sumilir Purbalingga https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/jembatan-gantung-boko-sumilir.html
46. Pesona Bukit Pencit Sawangan Wetan Kecamatan Patikraja https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/pesona-bukit-pencit-sawangan-wetan.html
45. Gowes Polsek Patikraja
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-polsek-patikraja.html
44. Gowes Menuju Curug Ceheng
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-menuju-curug-ceheng.html
43. Pesona Panorama Pemandangan Dari Bukit Mbulu https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/pesona-panorama-pemandangan-dari-bukit.html
42. HUT Bhayangkara ke 74
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/hut-bhayangkara-ke-74-th.html
41. Gowes Ke Pantai Sodong
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-ke-pantai-sodong.html
40. Keuntungan Bergabung Dengan Komunitas Gowes https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/keuntungan-bergabung-dengan-komunitas.html
39. Gowes Tipis Ke Curug Song Desa Kalisalak Kecamatan Kebasen https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-tipis-ke-curug-song-desa.html
38. Rangkuman Informasi Yang Perlu Diketahui Bagi Pemula Gowes Mania https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/rangkuman-informasi-yang-perlu.html
37. Gowes Sepeda Penuhi Panggilan Bisnis https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-sepeda-penuhi-panggilan-bisnis.html
36. Gowes Tipis Taklukan Tanjakan SMP Negeri 02 Patikraja https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-tipis-taklukan-tanjakan-smp.html
35. Manfaat Dan Resiko Bersepeda
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/manfaat-dan-resiko-bersepeda.html
34. Tips Tentang Bersepeda Yang menyehatkan https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/tips-tentang-bagaimana-bersepeda-yang.html
33. Kawula Muda Yang gemar gowes Itu Keren https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/kawula-muda-yang-gemar-gowes-itu-sangat.html
32. Gowes Dimasa Pandemi Tetap Harus Jaga Diri Dari Bahaya Virus Corona https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-dimasa-pandemi-tetap-harus-jaga.html
31. Menganalisa Tren Gowes Yang Merebak https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/menganalisa-tren-gowes-yang-tengah.html
30. "Viral" Tanjakan Bukit Cinta Pembuktian Perjuangan Cinta Bagi Para Gowes Mania https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/viral-tanjakan-bukit-cinta-pembuktian.html
29. Mencari Peruntungan Dimasa Tren Sepeda Jenis Minion https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/mencari-peruntungan-di-masa-trend.html
28. Latihan Untuk Meningkatkan Kemampuan Bersepeda https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/latihan-untuk-meningkatkan-kemampuan.html
27. Gubernur Ganjar Pranowo Memberi Spirit Dan Inspirasi Untuk Bergowes https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gubernur-ganjar-pranowo-memberi-spirit.html
26. Komunitas Gowes Ciptakan Kepedulian Dan Membangun Rasa Simpati Dan Empati https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/komunitas-gowes-ciptakan-kepedulian-dan.html
25. Bersepeda Latih Kesabaran
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/bersepeda-latih-kesabaran.html
24. Gowes Tipis Alun Alun Banyumas Kuatkan Kembali Silaturahmi https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-tipis-alun-alun-banyumas-kuatkan.html
23. Koleksi Kilometer Gowes Menuju Pantai Indah Widara Payung https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/koleksi-kilometer-gowes-menuju-pantai.html
22. Koleksi Kilometer Gowes Ke Bendungan Danasri https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/koleksi-kilometer-gowes-ke-bendungan.html
21. Pilihan Type Sepeda menggambarkan Karakter Anda https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/pilihan-type-sepeda-menggambarkan.html
20. Gowes Sepeda Bukan Lagi Sekedar Olah Raga https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-sepeda-bukan-lagi-sekedar-olah.html
19. Gowes Tipis Menyusuri Bukti Perhatian Kades Pegalongan Pada Sektor Pertanian https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-tipis-menyusuri-bukti-perhatian.html
18. Hobi Bersepeda Menunjukan Karakter Kepribadian https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/hobi-bersepeda-menunjukkan-karakter.html
17. Demam Sepeda Minion Di Patikraja
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/demam-sepeda-minion-di-patikraja.html
16. Orang Amerika Ingin Tahu Gowes
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/orang-amerika-ingin-tahu-gowes.html
15. Minggu Ceria Dengan Gowes bersama
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/minggu-ceria-dengan-gowes-bersama.html
14. Gowes Taklukan Jalur Melingkar
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/gowes-taklukan-jalur-melingkar-koleksi.html
13. Koleksi Kilometer Gowes Jalur Pendek Selatan https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/koleksi-kilometer-goes-jalur-pendek.html
12. Wacana Arah Trend Sepeda Masa Mendatang https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/wacana-arah-trend-sepeda-masa-mendatang.html
11. Modal Gowes Bagi Kebugaran Tubuh
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/modal-gowes-demi-kebugaran-tubuh.html
10. Gowesnya Wong Patikraja
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/gowesnya-wong-patikraja.html
9. Rute Jarak Pendek Lintasi Jembatan Gantung https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/rute-jarak-pendek-lintasi-jembatan.html
8. Cara Bersepeda yang Baik Dan Benar
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/cara-bersepeda-yang-baik-dan-benar.html
7. Sepeda Untuk Gowes Mania
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/sepeda-untuk-gowes-mania.html
6. Gowes Rute Bendung Gerak Serayu
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/gowes-rute-bendung-gerak-serayu.html
5. Sejuta Makna Gowes Bareng Istri
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/sejuta-makna-gowes-bareng-istri.html
4. Taklukan Bukit Cinta
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/taklukan-bukit-cinta.html
3. Bersepeda di Medan Liar
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/bersepeda-di-medan-liar.html
2. Koleksi Kilometer Jalur Utara
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/koleksi-kilo-meter-jalur-utara.html
1. Patikraja Gowes Mania
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/patikraja-goes-mania.html
Donasi Ke Penulis :
Nomor rekening BRI : 6823-01-014596-53-0
Atas Nama : SUKARNO YUDI NUGROHO
https://patikrajagowesmania.business.site/
Nomor rekening BRI : 6823-01-014596-53-0
Atas Nama : SUKARNO YUDI NUGROHO
https://patikrajagowesmania.business.site/
Penulis |
ResultsSearch : Patikraja, Desa Patikraja,legenda Patikraja, sejarah Desa Patikraja,Patikraja Banyumas, Desa Patikraja,sidabowa, Desa Patikraja,Desa Pegalongan,Desa Sidabowa,Desa Sokawera,Desa Kesungrandu,Desa Sokawera Kidul,Desa Wlahar Kulon,Kecamatan Ajibarang, Desa Ajibarang Kulon, Desa Ajibarang Wetan, Desa Banjarsari, Desa Ciberung, Desa Darmakradenan, Desa Jingkang, Desa Kalibenda, Desa Karangbawang, Desa Kracak, Desa Lesmana, Desa Pancasan, Desa Pancurendang, Desa Pandansari, Desa Sawangan, Desa Tipar, Kecamatan Banyumas, Desa Binangun, Desa Danaraja, Desa Dawuhan, Desa Kalisube, Desa Karangrau, Desa Kedunggede, Desa Kedunguter, Desa Kejawar, Desa Papringan, Desa Pasinggangan, Desa Pekunden, Desa Sudagaran, Kecamatan Baturaden, Desa Purwosari, Desa Karangmangu, Desa Karangsalam Lor, Desa Karangtengah, Desa Kebumen, Desa Kemutug Kidul, Desa Kemutug Lor, Desa Ketenger, Desa Kutasari, Desa Pamijen, Desa Pandak, Desa Rempoah, Kecamatan Cilongok, Desa Batuanten, Desa Cikidang, Desa Cilongok, Desa Cipete, Desa Gununglurah, Desa Jatisaba, Desa Kalisari, Desa Karanglo, Desa Karangtengah, Desa Kasegeran, Desa Langgongsari, Desa Pageraji, Desa Panembangan, Desa Panusupan, Desa Pejogol, Desa Pernasidi, Desa Rancamaya, Desa Sambirata, Desa Sokawera, Desa Sudimara, Kecamatan Gumelar, Desa Cihonje, Desa Cilangkap, Desa Gancang, Desa Gumelar, Desa Karangkemojing, Desa Kedungurang, Desa Paningkaban, Desa Samudra, Desa Samudra Kulon, Desa Tlaga, Kecamatan Jatilawang, Desa Adisara, Desa Bantar, Desa Gentawangi, Desa Gunung Wetan, Desa Karanganyar, Desa Karanglewas, Desa Kedungwringin, Desa Margasana, Desa Pekuncen, Desa Tinggarjaya, Desa Tunjung, Kecamatan Kalibagor, Desa Kalibagor, Desa Kalicupak Kidul, Desa Kalicupak Lor, Desa Kaliori, Desa Kalisogra Wetan, Desa Karangdadap, Desa Pajerukan, Desa Pekaja, Desa Petir, Desa Srowot, Desa Suro, Desa Wlahar Wetan, Kecamatan Karanglewas, Desa Babakan, Desa Jipang, Desa Karanggude Kulon, Desa Karangkemiri, Desa Karanglewas Kidul, Desa Kediri, Desa Pangebatan, Desa Pasir Kulon, Desa Pasir Lor, Desa Pasir Wetan, Desa Singasari, Desa Sunyalangu, Desa Tamansari, Kecamatan Kebasen, Desa Adisana, Desa Bangsa, Desa Cindaga, Desa Gambarsari, Desa Kalisalak, Desa Kaliwedi, Desa Karangsari, Desa Kebasen, Desa Mandirancan, Desa Randegan, Desa Sawangan, Desa Tumiyang, Kecamatan Kedung Banteng, Desa Baseh, Desa Beji, Desa Dawuhan Kulon, Desa Dawuhan Wetan, Desa Kalikesur, Desa Kalisala, Desa Karangnangka, Desa Karangsalam Kidul, Desa Kebocoran, Desa Kedungbanteng, Desa Keniten, Desa Kutaliman, Desa Melung, Desa Windujaya, Kecamatan Kembaran, Desa Bantarwuni, Desa Bojongsari, Desa Dukuhwaluh, Desa Karangsari, Desa Karangsoka, Desa Karangtengah, Desa Kembaran, Desa Kramat, Desa Ledug, Desa Linggasari, Desa Pliken, Desa Purbadana, Desa Purwodadi, Desa Sambeng Kulon, Desa Sambeng Wetan, Desa Tambaksari Kidul, Kecamatan Kemranjen, Desa Alasmalang, Desa Grujugan, Desa Karanggintung, Desa Karangjati, Desa Karangsalam, Desa Kebarongan, Desa Kecila, Desa Kedungpring, Desa Nusamangir, Desa Pageralang, Desa Petarangan, Desa Sibalung, Desa Sibrama, Desa Sidamulya, Desa Sirau, Kecamatan Lumbir, Desa Besuki, Desa Canduk, Desa Cidora, Desa Cingebul, Desa Cirahab, Desa Dermaji, Desa Karanggayam, Desa Kedunggede, Desa Lumbir, Desa Parungkamal, Kecamatan Patikraja, Desa Karanganyar, Desa Karangendep, Desa Kedungrandu, Desa Kedungwringin, Desa Kedungwuluh Kidul, Desa Kedungwuluh Lor, Desa Notog, Desa Patikraja, Desa Pegalongan, Desa Sawangan Wetan, Desa Sidabowa, Desa Sokawera Kidul, Desa Wlahar Kulon, Kecamatan Pekuncen, Desa Banjaranyar, Desa Candinegara, Desa Cibangkong, Desa Cikawung, Desa Cikembulan, Desa Glempang, Desa Karangkemiri, Desa Karangklesem, Desa Krajan, Desa Kranggan, Desa Pasiraman Kidul, Desa Pasiraman Lor, Desa Pekuncen, Desa Petahunan, Desa Semedo, Desa Tumiyang, Kecamatan Purwojati, Desa Gerduren, Desa Kaliputih, Desa Kalitapen, Desa Kaliurip, Desa Kaliwangi, Desa Karangmangu, Desa Karangtalun Kidul, Desa Karangtalun Lor, Desa Klapasawit, Desa Purwojati, Kecamatan Purwokerto Barat, Desa Kedungwuluh, Desa Kober, Desa Bantarsoka, Desa Rejasari, Desa Pasir Kidul, Desa Karanglewas Lor, Desa Pasirmuncang, Kecamatan Purwokerto Selatan, Desa Purwokerto Kulon, Desa Karang Pucung, Desa Karang Klesem, Desa Tanjung, Desa Teluk, Desa Berkoh, Desa Purwokerto Kidul, Kecamatan Purwokerto Timur, Desa Purwokerto Wetan, Desa Mersi, Desa Arcawinangun, Desa Purwokerto Lor, Desa Sokanegara, Desa Kranji, Kecamatan Purwokerto Utara, Desa Bancarkembar, Desa Grendeng, Desa Karangwangkal, Desa Pabuaran, Desa Sumampir, Desa Bobosan, Desa Purwanegara, Kecamatan Rawalo, Desa Banjarparakan, Desa Losari, Desa Menganti, Desa Pesawahan, Desa Rawalo, Desa Sanggreman, Desa Sidamulih, Desa Tambaknegara, Desa Tipar, Kecamatan Sokaraja, Desa Banjaranyar, Desa Banjarsari Kidul, Desa Jompo Kulon, Desa Kalikidang, Desa Karangduren, Desa Karangkedawung, Desa Karangnanas, Desa Karangrau, Desa Kedondong, Desa Klahang, Desa Lemberang, Desa Pamijen, Desa Sokaraja Kidul, Desa Sokaraja Kulon, Desa Sokaraja Lor, Desa Sokaraja Tengah, Desa Sokaraja Wetan, Desa Wiradadi, Kecamatan Somagede, Desa Kanding, Desa Kemawi, Desa Klinting, Desa Piasa Kulon, Desa Plana, Desa Sokawera, Desa Somagede, Desa Somakaton, Desa Tanggeran, Kecamatan Sumbang, Desa Banjarsari Kulon, Desa Banjarsari Wetan, Desa Banteran, Desa Ciberem, Desa Datar, Desa Gandatapa, Desa Karangcegak, Desa Karanggintung, Desa Karangturi, Desa Kawungcarang, Desa Kebanggan, Desa Kedung Malang, Desa Kotayasa, Desa Limpakuwus, Desa Sikapat, Desa Silado, Desa Sumbang, Desa Susukan, Desa Tambaksogra, Kecamatan Sumpiuh, Desa Banjarpanepen, Desa Bogangin, Desa Karanggedang, Desa Kebokura, Desa Kemiri, Desa Ketanda, Desa Kradenan, Desa Kuntili, Desa Lebeng, Desa Nusadadi, Desa Pandak, Desa Selandaka, Desa Selanegara, Desa Sumpiuh, Kecamatan Tambak, Desa Buniayu, Desa Gebangsari, Desa Gumelar Kidul, Desa Gumelar Lor, Desa Kamulyan, Desa Karangpetir, Desa Karangpucung, Desa Pesantren, Desa Plangkapan, Desa Prembun, Desa Purwodadi, Desa Watuagung, Kecamatan Wangon, Desa Banteran, Desa Cikakak, Desa Jambu, Desa Jurangbahas, Desa Klapagading, Desa Klapagading Kulon, Desa Pangadegan, Desa Randegan, Desa Rawaheng, Desa Wangon, Desa Windunegara, toko sepeda, Patikraja, Desa Patikraja, Kecamatan Patikraja, sepeda onta, Pasar Patikraja, Balai Desa Patikraja, Lapangan Patikraja, Jembatan logawa, Jembatan Serayu, info Patikraja, MTs Muhammadiyah Patikraja, Masjid Baitul Muslimin Patikraja, Sungai Logawa, Sungai Serayu, Jembatan Kali Terus, SMP Negeri 1 Patikraja, SMP Negeri 2 Patikraja, SD Negeri 1 Patikraja, SD Negeti 2 Patikraja, Madrasah Iptidaiyah Patikraja, Madrasah Iptidaiyah Maarif Patikraja, SMA Negeri Patikraja, UPK Patikraja, KUA Patikraja, PPAI Patikraja, TK Pertiwi Patikraja, TK Diponegoro Patikraja, Organisasi Muhammadiyah Patikraja, Organisasi Nahdlatul Ulama Patikraja, Ranting Muhammadiyah Patikraja, Ranting Nahdlatul Ulama Patikraja, IPPNU Patikraja, IRM Patikraja, Apotik Patikraja, BRI Patikraja, Mandiri Patikraja, Mini Market Patikraja, Puskesmas Patikraja, Kantor Kecamatan Patikraja, Gedung Da’wah Muhammadiyah Patikraja, KUD Patikraja, Ahass Patikraja, TK aisiyah Patikraja, pelek sepeda, Bengkel Patikraja, aturan bersepeda, PGRI Patikraja, Polsek Patikraja, Dan Ramil Patikraja, bel sepeda, sadel sepeda, pedal sepeda, Kecelakaan lalu-lintas di Patikraja, Penghulu Patikraja, pantai ayah, keyword Pattikraja, pantai jetis, widarapayung, curug song, sepeda aloy, frame sepeda, corona, TPQ Patikraja, Mushola di Patikraja, sepeda road race, Bank Jateng Patikraja, BKK Patikraja, sepeda gunung, sepeda wim cycle, sepeda balap, sepeda federal, sepeda minion, sepeda unik, Warnet Hokery Patikraja, Masjid Sirojul Patikraja, Mushola Almaulana Patikraja, SSB Patikraja, facebook Patikraja, Jalan Balai Desa Patikraja, Counter Hp Patikraja, Logawa Celluler Patikraja, Zullfa Celluler Patikraja, G Celluler Patikraja, Foto Copy Patikraja, Kuburan Patikraja, Bantaran Sungai Patikraja, Warung Sate Dua Saudara Patikraja, Toko Roti Patikraja, Bank Surya Yudha Patikraja, Paving Block Patikraja, Toko Bahan Bangunan Patikraja, Toko Viola Patikraja, Toko Kacek Patikraja, Toko Gimin Patikraja, Perangkat Desa Patikraja, Pemdes Patikraja, Desa Pegalongan, Desa Mandirancan, Mendowan Mendol, Budz Burger, Ngepas Patikraja,