Rangkuman Informasi Yang Perlu Diketahui Bagi Pemula Gowes Mania

Jika Anda memulai kembali aktivitas bersepeda, setelah bertahun-tahun meninggalkannya? Jangan buru-buru forsir tenaga. Tubuh butuh waktu beradaptasi terhadap kebiasaan-kebiasaan baru, apalagi yang berhubungan dengan kegiatan fisik seperti bersepeda. Meski tujuan bersepeda hanya bersifat rekreasional, melatih kebugaran, atau bersosial, sobat Avelio perlu mengaplikasikan pola latihan tepat untuk pesepeda pemula agar kondisi badan tetap terjaga.



Hal yang paling mendasar dalam mengoptimalkan sebuah latihan fisik guna menunjang kebugaran dan daya tahan tubuh adalah dengan selalu memantau periodisasi latihan. Mengenai hal ini,berkait periodisasi mencakup batasan durasi dan intensitas latihan dibarengi istirahat yang cukup.Hal istirahat dalam kaitan ini memiliki banyak peran, khususnya untuk memberikan waktu pada otot agar pulih dari radang dan peregangan. Jika sobat Gowes dapat melakukan prosesnya dengan benar, tubuh kita akan mendapatkan hasil yang lebih optimal dengan menjadi lebih kuat atau memiliki peningkatan kemampuan lebih cepat dari sebelumnya.

Dari sisi lain, banyak pula pesepeda yang kurang memahami tentang seberapa banyak waktu yang sebenarnya diperlukan untuk tubuh beristirahat setelah aktivitas fisik berat. Sebelum melakukan latihan, sebagian dari para pesepeda akan membuat jadwal latihan secara terperinci yang mencakup latihan khusus untuk meningkatkan daya, ketahanan, kecepatan, dan keterampilan bersepeda.
Namun, waktu istirahat sering kali terlupakan dan dianggap kurang penting dalam menunjang latihan. Padahal, jika Anda tidak meluangkan waktu khusus untuk istirahat, Anda akan mengalami kekurangan energi, kelelahan, hingga penurunan motivasi dalam melakukan latihan.Mengatur Waktu Istirahat Setelah Bersepeda itu penting,bagi Anda yang ingin mengoptimalkan latihan bersepeda, menjadwalkan waktu istirahat adalah hal yang harus dilakukan. Kondisi tubuh yang prima sangat dibutuhkan dalam melakukan kegiatan bersepeda, terutama untuk jarak yang lumayan jauh. Pastikan jika kondisi tubuh Anda dalam kondisi sangat fit untuk melakukan aktvitivas bersepeda, agar tubuh tidak cepat lelah.

Berikut Rekomendasi Pola Latihan Tepat Untuk Pesepeda Pemula
Setelah semua siap, berarti saat latihan pun tiba. Seperti telah disebutkan di awal  rekomendasi latihan bersepeda untuk pemula, yang diterjemahkan dari laman Britsh Cycling, Inggris, demi memenuhi kebutuhan pesepeda Indonesia.
Pada dasarnya semua pesepeda pemula dengan tujuan apa saja, bisa menggunakan pola latihan tepat untuk pesepeda pemula berikut ini. Metode latihan ini menargetkan pesepeda pemula akan mampu menempuh jarak 50 km, setelah menggembleng diri dalam waktu 8 minggu. Jadi, poin utama dari latihan ini adalah adaptasi. Memulai dari nol menuju titik standar.Latihan tepat untuk pesepeda pemula ini berlangsung selama 8 minggu, dengan frekuensi 3 kali latihan. Silakan tentukan sendiri hari-hari apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk bersepeda antara 30 menit sampai 1 jam, hingga di akhir latihan Anda akan membutuhkan waktu lebih panjang untuk bisa menempuh jarak 50 km. Namun sebagai pedoman, disarankan latihan pada hari Selasa, Kamis, dan Minggu. Kemudian gunakan hari Rabu dan Jumat untuk beristirahat atau melakukan aktivitas fisik lain.





Persiapan
Pola latihan bagi pemula, baik mereka yang baru kali pertama maupun kembali aktif menggeluti hobi ini. Namun pertama-tama harus memperhatikan beberapa hal, seperti:
1. Target
Target adalah segala pencapaian yang ingin diwujudkan dan menjadi tujuan utama yang ingin diraih dalam bersepeda. Tentu saja setiap orang memiliki tujuan berbeda-beda. Ada yang hanya sekadar untuk bersenang-senang, mencari kawan baru, melatih kebugaran, menjadi atlet profesional dan membuat rekor, menyelesaikan jarak tertentu, bahkan hanya demi menurunkan berat badan. Target akan sangat menentukan pola latihan yang diperlukan. Juga hal-hal yang ingin dicapai dalam jangka waktu tertentu.Satu hal patut diingat, yaitu seberapa realistis target tersebut. Menimbang dari berbagai tanggung jawab harian dan berapa banyak waktu luang yang ada. Sebaiknya tidak terlalu muluk agar tidak menjadi beban. Kalau memang ada tujuan besar yang ingin dicapai, lakukan secara bertahap dengan menentukan target-target kecil yang perlu diraih menuju hasil akhir yaitu tujuan utama.
2. Waktu
Target yang realistis juga meliputi kebutuhan waktu untuk mencapainya. Adakah waktu luang? Kalau Anda tidak berminat menjadi pebalap sepeda pro, maka alokasikan waktu luang secara rasional. Hobi bersepeda belakangan ini banyak diminati oleh kalangan profesional yang sibuk, baik karyawan maupun pengusaha. Jadi bisa dipastikan bahwa bersepeda hanya bisa dilakukan di luar jam-jam kerja.
Buatlah jadwal pada hari-hari apa saja kamu akan bersepeda. Bisa dua atau tiga kali seminggu di sore hari sepulang kantor, dengan durasi pendek pada minggu-minggu pertama. Jika pola itu berjalan teratur, tingkatkan durasi sedikit demi sedikit hingga target bisa terpenuhi. Apabila jadwal sempat terjeda akibat kesibukan penting, cedera, atau sakit, sebaiknya mulailah dari awal lagi setelah rutinitas bersepeda kembali normal.
3. Perlengkapan
Perlengkapan apakah yang terpenting buat pesepeda? Ya, tentu saja sepeda tunggangannya. Akan lebih bagus lagi apabila kamu mendapatkan bantuan dari profesional dengan keahlian mumpuni dalam mengurus sepeda.
Selain sepeda tunggangan, Anda perlu menyiapkan perlengkapan penting lain. Di antaranya peralatan perlindungan, seperti helm, kacamata, sepatu, pakaian tahan air, sarung tangan sepeda, manset, dan sebagainya. Sementara perlengkapan lain, misalnya kit tambal ban, multitool, atau chain tool sementara masih bisa disimpan di rumah. Kecuali nanti, ketika seorang pemula telah terlatih dan mulai berencana mengambil rute jarak jauh.
4. Komitmen
Dan kewajiban terakhir bagi pesepeda sebelum memulai latihan adalah menata diri sendiri. Meyakinkan diri untuk taat pada metode latihan dan berusaha meraih segala target realistis yang telah ditentukan, dengan cara rasional pastinya. Komitmen sekaligus disiplin, meski disebut paling akhir, pada dasarnya hal ini bahkan yang paling penting. Tanpanya, semua akan sia-sia.

Dari semua hal yang tersebut diatas,satu hal yang sangat penting juga artinya adalah istirahat.Istirahat merupakan hal yang penting untuk dilakukan oleh tubuh,berkait sktifitas bersepeda,berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatur jadwal istirahat yang tepat,semoga bermanfaat bagi para pengendara sepeda terutama sobat Patikraja Gowes mania.

1. Waktu Istirahat yang Diperlukan
Ketika Anda mempertimbangkan rincian durasi dan intensitas latihan harian dan interval istirahat, pastikan untuk setidaknya menyelipkan satu hari libur dalam setiap minggu.Hal ini penting untuk memberikan waktu pada tubuh dalam mengistirahatkan diri dari gerakan dan aktivitas fisik berat hingga kerjanya dapat kembali pulih sepenuhnya dan mampu beraktivitas kembali untuk latihan pada minggu berikutnya.Apabila berhenti total dari olahraga selama satu hari terasa kosong bagi Anda, Anda dapat mengganti bersepeda dengan melakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan cepat, berenang ringan atau kegiatan santai lainnya. Yang pasti, jauhkan sepeda untuk mengistirahatkan tubuh fisik dan pikiran Anda secara menyeluruh.Perhatikan pula kondisi psikologis dan mental yang berperan besar dalam melakukan aktivitas fisik yang membutuhkan energi ekstra. Dengan kata lain, hari libur untuk mengatur ulang pikiran dari waktu-waktu monoton bersepeda sangat penting.

2. Jadwalkan Waktu Tidur
Tidur memiliki peran besar dalam memberikan tubuh waktu untuk melakukan pemulihan dan perbaikan pada tiap kerusakan dan peradangan yang terjadi akibat latihan olahraga intensif.
Sama seperti jadwal latihan yang dibuat dengan rinci, waktu untuk beristirahat juga perlu untuk dipantau durasi dan jenisnya. Salah satu bentuk istirahat yang penting untuk Anda lakukan adalah tidur dengan durasi yang cukup.

3. Nikmati Proses dan Waktu Istirahat
Waktu istirahat Anda sama pentingnya dengan waktu yang Anda habiskan untuk bersepeda. Terlalu banyak latihan dan tidak cukup istirahat dapat menyebabkan penurunan kinerja dan energi yang lebih rendah.
Konsisten dengan Waktu Istirahat
Pastikan untuk selalu konsisten dengan waktu istirahat. Jangan anggap waktu istirahat sebagai waktu bersantai. Waktu istirahat merupakan hak tubuh dan bagian dari proses latihan yang Anda lakukan. Sebagai contoh, jika hari Senin adalah hari istirahat Anda, jangan biarkan godaan seperti ajakan bersepeda dadakan mengacaukan jadwal Anda., meskipun Anda memiliki tujuan akhir yang ingin segera dicapai, istirahat tetap menjadi bagian dari proses yang perlu Anda lakukan. Saat istirahat, mungkin Anda akan merasakan otot-otot yang terasa nyeri, tegang, dan pegal. Itulah tanda di mana otot sedang melakukan proses pemulihan yang nantinya beralih pada kondisi otot yang semakin kuat dan besar.Sungguh sangat menggoda untuk sekadar duduk santai setelah Anda bersepeda. Atau mungkin sambil mengecek akun media sosial Anda, mengecek email, atau melakukan hal-hal lain yang bisa Anda lakukan di lain waktu. Mungkin hal-hal sederhana ini terlihat tidak masalah untuk dilakukan, namun Anda bisa kehilangan beberapa komponen penting dari hasil Anda bersepeda serta memperlambat proses pemulihan. Jika Anda melakukan beberapa kebiasaan ini setelah bersepeda, segera ubah kebiasaan Anda,
- Langsung kembali ke rumah !
Jika tenaga terakhir kayuhan Anda berakhir di depan pintu rumah dan memilih untuk langsung istirahat, Anda kehilangan komponen inti dari latihan Anda. “Peran dari melakukan pendinginan adalah untuk membiarkan otot Anda bergerak tanpa perlawanan, yang akan membantu membersihkan asam laktat dari otot, kata dokter asal Philadelphia, dr. Michael Ross.
Jika Anda melewatkan proses pendinginan, tidak hanya Anda membiarkan asam laktat menumpung, tapi Anda membiarkan darah berkumpul di kaki, yang menurut Ross akan membuat Anda pusing.
- Tidak langsung melepas perlengkapan sepeda
Jangan biarkan diri Anda berlama-lama mengenakan pakaian bersepeda Anda. Mungkin mudah saja ketika masuk ke rumah, Anda langsung membuat smoothie andalan untuk recovery, bersantai di sofa, atau berbaring di lantai untuk istirahat sejenak.Ketika tiba waktunya untuk Anda mandi, baju lepek penuh keringat yang Anda pakai mungkin sudah kering kembali dan terlalu lama menempel di badan. Anda bisa saja terkena infeksi saddle sores, bahkan penyakit lainnya jika sistem imunitas Anda sedang menurun, Sebaiknya, sehabis bersepeda – dan tentunya setelah melakukan pendinginan – langsung lepas semua perlengkapan untuk mandi.
- Terlalu banyak makan
Anne Guzman, seorang ahli nutrisi, mengatakan jika Anda sudah mengisi perut dengan baik sebelum bersepeda, Anda tidak akan menjadi rakus setelahnya. Ini adalah masalah yang kerap muncul pada pesepeda: sedikit makan sebelum bersepeda terlihat menjadi cara yang efektif untuk menurunkan berat badan, namun hal itu tidak benar.Biasanya malah akan mengarah pada konsumsi makanan yang berlebihan. Jika Anda khawatir, Guzman menyarankan untuk menghindari makanan yang mengandung banyak lemak dan kue-kue. “Lemak akan memperlambat pencernaan dan Anda lebih menginginkan protein dan karbohidrat masuk dalam sel Anda secepat mungkin untuk proses pemulihan,” katanya. Sebaiknya Anda konsumsi kentang dan dada ayam karena mudah dicerna.
-  Membiarkan sepeda Anda tergeletak begitu saja
Ini adalah kebiasaan yang buruk. Jangan pernah meninggalkan sepeda Anda begitu saja, apalagi jika kondisi jalan saat bersepeda sedang buruk – lumpur, becek, dan sebagainya. Hal ini dapat menyebabkan komponen pada sepeda Anda cepat rusak. Sehabis bersepeda, usahakan untuk membersihkannya dari kotoran atau lumpur yang menempel agar di sesi berikutnya, sepeda Anda bersih dan siap digunakan. Karena ketika komponen sepeda sudah mengering – terutama bagian rantai – akan menjadi lebih sulit dibersihkan.
- Melewatkan pemanasan
Menjaga mobilitas adalah hal penting bagi setiap atlet. Sebagai pesepeda, tentu saja Anda termasuk di dalamnya. Menurut Ross, jika Anda melewatkan pemanasan dan peregangan, Anda akan melukai diri Anda di masa mendatang. Ia menyarankan untuk menyisihkan sedikit waktu untuk peregangan sebelum dan setelah sesi bersepeda.Anda hanya perlu melakukan gerakan sederhana – sentuh tulang belikat Anda, coba untuk mengangkat lengan Anda ke atas, kemudian putar lengan Anda beberapa kali. Cara lainnya adalah menggunakan foam roller, yang berguna untuk melemaskan otot-otot yang nyeri
Itulah beberapa hal penting ( dikutip dari berbagai sumber ) seputar pentingnya istirahat setelah bersepeda. Jangan lupa untuk selalu memberikan hak tubuh untuk mendapatkan hasil yang optimal dari segala latihan fisik yang Anda lakukan.Salam sayu hoby , salam satu pedal,Tetap semangat !



Baca juga :
65.  Goa Lawa Desa Penusupan Kecamatan Cilongok
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/goa-lawa-desa-panusupan-kecamatan.html
64.  Curug Macan Dusun Cunil Desa Pegalongan Kecamatan Patikraja https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/curug-macan-dusun-cunil-desa-pegalongan.html
63.  Watu Kenteng Dusun keser Desa Notog Kecamatan Patikraja https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/watu-kenteng-dusun-keser-desa-notog.html
62. Gowes Kemerdekaan Penancapan Bendera Merah Putih di Bukit pencit 
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/gowes-kemerdekaan-penancapan-bendera.html 
61. Potensi Alam Sumber Mata Air di Dusun keser Desa Notog Kecamatan Patikraja https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/potensi-alam-sumber-mata-air-di-dusun.html
60. Curug Sewu Atau Kedung Tayub
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/curug-sewu-atau-kedung-tayub-karanglewas.html
59. Gowes Sepeda Gembira,Peduli dan Interaktifnya Patikraja Gowes Mania  https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/gowes-sepeda-gembirapeduli-dan.html
58. Pesona Panorama Jembatan Kereta Api Doble Track Serayu Gambarsari  https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/pesona-panorama-jembatan-kereta-api.html
57. Potensi alam sumber mata air Tamansari Desa Wlahar Wetan https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/potensi-alam-sumber-air-tamansari-desa.html
56. Wadas Tinumpuk Desa Taman Sari Kecamatan Karanglewas https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/wadas-tinumpuk-desa-tamansari-kecamatan.html
55. Potensi Alam Hutan Pogoh Mandirancan Berupa Pemandian Kali Mambu https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/08/potensi-alam-hutan-pogoh-mandirancan.html
54. Gowes Sepeda Tabras Alam
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/gowes-sepeda-tabras-alam.html
53. Curug Kali Gintung
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/curug-kali-gintung.html
52. Bendungan Arca Purwokerto
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/bendungan-arca-purwokerto.html
51. Gowes Ke Benteng Pendem Cilacap
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/gowes-ke-benteng-pendem-cilacap.html
50. Gowes Sepeda PemKab Banyumas
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/gowes-sepeda-pemkab-banyumas.html
49. Patikraja Gowes Mania Bisnis Site
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/patikraja-gowes-mania-bisnis-site.html
48. Curug Lumpang Curug Yang Hilang
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/curug-lumpang-curug-yang-hilang.html
47. Jembatan Gantung Boko Sumilir Purbalingga https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/jembatan-gantung-boko-sumilir.html
46. Pesona Bukit Pencit Sawangan Wetan Kecamatan Patikraja https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/07/pesona-bukit-pencit-sawangan-wetan.html
45. Gowes Polsek Patikraja
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-polsek-patikraja.html
44. Gowes Menuju Curug Ceheng
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-menuju-curug-ceheng.html
43. Pesona Panorama Pemandangan Dari Bukit Mbulu https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/pesona-panorama-pemandangan-dari-bukit.html
42. HUT Bhayangkara ke 74
 https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/hut-bhayangkara-ke-74-th.html
41. Gowes Ke Pantai Sodong
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-ke-pantai-sodong.html
40. Keuntungan Bergabung Dengan Komunitas Gowes https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/keuntungan-bergabung-dengan-komunitas.html
39. Gowes Tipis Ke Curug Song Desa Kalisalak Kecamatan Kebasen https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-tipis-ke-curug-song-desa.html
38. Rangkuman Informasi Yang Perlu Diketahui Bagi Pemula Gowes Mania https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/rangkuman-informasi-yang-perlu.html
37. Gowes Sepeda Penuhi Panggilan Bisnis https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-sepeda-penuhi-panggilan-bisnis.html
36. Gowes Tipis Taklukan Tanjakan SMP Negeri 02 Patikraja https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-tipis-taklukan-tanjakan-smp.html
35. Manfaat Dan Resiko Bersepeda
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/manfaat-dan-resiko-bersepeda.html
34. Tips Tentang Bersepeda Yang menyehatkan https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/tips-tentang-bagaimana-bersepeda-yang.html
33. Kawula Muda Yang gemar gowes Itu Keren https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/kawula-muda-yang-gemar-gowes-itu-sangat.html
32. Gowes Dimasa Pandemi Tetap Harus Jaga Diri Dari Bahaya Virus Corona https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-dimasa-pandemi-tetap-harus-jaga.html
31. Menganalisa Tren Gowes Yang Merebak https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/menganalisa-tren-gowes-yang-tengah.html
30. "Viral" Tanjakan Bukit Cinta Pembuktian Perjuangan Cinta Bagi Para Gowes Mania https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/viral-tanjakan-bukit-cinta-pembuktian.html
29. Mencari Peruntungan Dimasa Tren Sepeda Jenis Minion https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/mencari-peruntungan-di-masa-trend.html
28. Latihan Untuk Meningkatkan Kemampuan Bersepeda https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/latihan-untuk-meningkatkan-kemampuan.html
27. Gubernur Ganjar Pranowo Memberi Spirit Dan Inspirasi Untuk Bergowes https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gubernur-ganjar-pranowo-memberi-spirit.html
26. Komunitas Gowes Ciptakan Kepedulian Dan Membangun Rasa Simpati Dan Empati https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/komunitas-gowes-ciptakan-kepedulian-dan.html
25. Bersepeda Latih Kesabaran
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/bersepeda-latih-kesabaran.html
24. Gowes Tipis Alun Alun Banyumas Kuatkan Kembali Silaturahmi https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-tipis-alun-alun-banyumas-kuatkan.html
23. Koleksi Kilometer Gowes Menuju Pantai Indah Widara Payung https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/koleksi-kilometer-gowes-menuju-pantai.html
22. Koleksi Kilometer Gowes Ke Bendungan Danasri https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/koleksi-kilometer-gowes-ke-bendungan.html
21. Pilihan Type Sepeda menggambarkan Karakter Anda https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/pilihan-type-sepeda-menggambarkan.html
20. Gowes Sepeda Bukan Lagi Sekedar Olah Raga https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-sepeda-bukan-lagi-sekedar-olah.html
19. Gowes Tipis Menyusuri Bukti Perhatian Kades Pegalongan Pada Sektor Pertanian https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/gowes-tipis-menyusuri-bukti-perhatian.html
18. Hobi Bersepeda Menunjukan Karakter Kepribadian https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/hobi-bersepeda-menunjukkan-karakter.html
17. Demam Sepeda Minion Di Patikraja
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/06/demam-sepeda-minion-di-patikraja.html
16. Orang Amerika Ingin Tahu Gowes
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/orang-amerika-ingin-tahu-gowes.html
15. Minggu Ceria Dengan Gowes bersama 
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/minggu-ceria-dengan-gowes-bersama.html
14. Gowes Taklukan Jalur Melingkar 
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/gowes-taklukan-jalur-melingkar-koleksi.html
13. Koleksi Kilometer Gowes Jalur Pendek Selatan https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/koleksi-kilometer-goes-jalur-pendek.html
12. Wacana Arah Trend Sepeda Masa Mendatang https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/wacana-arah-trend-sepeda-masa-mendatang.html
11. Modal Gowes Bagi Kebugaran Tubuh
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/modal-gowes-demi-kebugaran-tubuh.html
10. Gowesnya Wong Patikraja 
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/gowesnya-wong-patikraja.html
9.  Rute Jarak Pendek Lintasi Jembatan Gantung https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/rute-jarak-pendek-lintasi-jembatan.html
8.  Cara Bersepeda yang Baik Dan Benar
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/cara-bersepeda-yang-baik-dan-benar.html
7.  Sepeda Untuk Gowes Mania
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/sepeda-untuk-gowes-mania.html
6.  Gowes Rute Bendung Gerak Serayu
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/gowes-rute-bendung-gerak-serayu.html
5.  Sejuta Makna Gowes Bareng Istri
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/sejuta-makna-gowes-bareng-istri.html
4.  Taklukan Bukit Cinta 
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/taklukan-bukit-cinta.html
3.  Bersepeda di Medan Liar
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/bersepeda-di-medan-liar.html
2.  Koleksi Kilometer Jalur Utara
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/koleksi-kilo-meter-jalur-utara.html
1.  Patikraja Gowes Mania
https://patikrajagowesmania.blogspot.com/2020/05/patikraja-goes-mania.html



Donasi Ke Penulis :
Nomor rekening BRI : 6823-01-014596-53-0
Atas Nama : SUKARNO YUDI NUGROHO

https://patikrajagowesmania.business.site/







Penulis




ResultsSearchPatikraja, Desa Patikraja,legenda Patikraja, sejarah Desa Patikraja,Patikraja Banyumas, Desa Patikraja,sidabowa, Desa Patikraja,Desa Pegalongan,Desa Sidabowa,Desa Sokawera,Desa Kesungrandu,Desa Sokawera Kidul,Desa Wlahar Kulon,Kecamatan Ajibarang, Desa Ajibarang Kulon, Desa Ajibarang Wetan, Desa Banjarsari, Desa Ciberung, Desa Darmakradenan, Desa Jingkang, Desa Kalibenda, Desa Karangbawang, Desa Kracak, Desa Lesmana, Desa Pancasan, Desa Pancurendang, Desa Pandansari, Desa Sawangan, Desa Tipar, Kecamatan Banyumas, Desa Binangun, Desa Danaraja, Desa Dawuhan, Desa Kalisube, Desa Karangrau, Desa Kedunggede, Desa Kedunguter, Desa Kejawar, Desa Papringan, Desa Pasinggangan, Desa Pekunden, Desa Sudagaran, Kecamatan Baturaden, Desa Purwosari, Desa Karangmangu, Desa Karangsalam Lor, Desa Karangtengah, Desa Kebumen, Desa Kemutug Kidul, Desa Kemutug Lor, Desa Ketenger, Desa Kutasari, Desa Pamijen, Desa Pandak, Desa Rempoah, Kecamatan Cilongok, Desa Batuanten, Desa Cikidang, Desa Cilongok, Desa Cipete, Desa Gununglurah, Desa Jatisaba, Desa Kalisari, Desa Karanglo, Desa Karangtengah, Desa Kasegeran, Desa Langgongsari, Desa Pageraji, Desa Panembangan, Desa Panusupan, Desa Pejogol, Desa Pernasidi, Desa Rancamaya, Desa Sambirata, Desa Sokawera, Desa Sudimara, Kecamatan Gumelar, Desa Cihonje, Desa Cilangkap, Desa Gancang, Desa Gumelar, Desa Karangkemojing, Desa Kedungurang, Desa Paningkaban, Desa Samudra, Desa Samudra Kulon, Desa Tlaga, Kecamatan Jatilawang, Desa Adisara, Desa Bantar, Desa Gentawangi, Desa Gunung Wetan, Desa Karanganyar, Desa Karanglewas, Desa Kedungwringin, Desa Margasana, Desa Pekuncen, Desa Tinggarjaya, Desa Tunjung, Kecamatan Kalibagor, Desa Kalibagor, Desa Kalicupak Kidul, Desa Kalicupak Lor, Desa Kaliori, Desa Kalisogra Wetan, Desa Karangdadap, Desa Pajerukan, Desa Pekaja, Desa Petir, Desa Srowot, Desa Suro, Desa Wlahar Wetan, Kecamatan Karanglewas, Desa Babakan, Desa Jipang, Desa Karanggude Kulon, Desa Karangkemiri, Desa Karanglewas Kidul, Desa Kediri, Desa Pangebatan, Desa Pasir Kulon, Desa Pasir Lor, Desa Pasir Wetan, Desa Singasari, Desa Sunyalangu, Desa Tamansari, Kecamatan Kebasen, Desa Adisana, Desa Bangsa, Desa Cindaga, Desa Gambarsari, Desa Kalisalak, Desa Kaliwedi, Desa Karangsari, Desa Kebasen, Desa Mandirancan, Desa Randegan, Desa Sawangan, Desa Tumiyang, Kecamatan Kedung Banteng, Desa Baseh, Desa Beji, Desa Dawuhan Kulon, Desa Dawuhan Wetan, Desa Kalikesur, Desa Kalisala, Desa Karangnangka, Desa Karangsalam Kidul, Desa Kebocoran, Desa Kedungbanteng, Desa Keniten, Desa Kutaliman, Desa Melung, Desa Windujaya, Kecamatan Kembaran, Desa Bantarwuni, Desa Bojongsari, Desa Dukuhwaluh, Desa Karangsari, Desa Karangsoka, Desa Karangtengah, Desa Kembaran, Desa Kramat, Desa Ledug, Desa Linggasari, Desa Pliken, Desa Purbadana, Desa Purwodadi, Desa Sambeng Kulon, Desa Sambeng Wetan, Desa Tambaksari Kidul, Kecamatan Kemranjen, Desa Alasmalang, Desa Grujugan, Desa Karanggintung, Desa Karangjati, Desa Karangsalam, Desa Kebarongan, Desa Kecila, Desa Kedungpring, Desa Nusamangir, Desa Pageralang, Desa Petarangan, Desa Sibalung, Desa Sibrama, Desa Sidamulya, Desa Sirau, Kecamatan Lumbir, Desa Besuki, Desa Canduk, Desa Cidora, Desa Cingebul, Desa Cirahab, Desa Dermaji, Desa Karanggayam, Desa Kedunggede, Desa Lumbir, Desa Parungkamal, Kecamatan Patikraja, Desa Karanganyar, Desa Karangendep, Desa Kedungrandu, Desa Kedungwringin, Desa Kedungwuluh Kidul, Desa Kedungwuluh Lor, Desa Notog, Desa Patikraja, Desa Pegalongan, Desa Sawangan Wetan, Desa Sidabowa, Desa Sokawera Kidul, Desa Wlahar Kulon, Kecamatan Pekuncen, Desa Banjaranyar, Desa Candinegara, Desa Cibangkong, Desa Cikawung, Desa Cikembulan, Desa Glempang, Desa Karangkemiri, Desa Karangklesem, Desa Krajan, Desa Kranggan, Desa Pasiraman Kidul, Desa Pasiraman Lor, Desa Pekuncen, Desa Petahunan, Desa Semedo, Desa Tumiyang, Kecamatan Purwojati, Desa Gerduren, Desa Kaliputih, Desa Kalitapen, Desa Kaliurip, Desa Kaliwangi, Desa Karangmangu, Desa Karangtalun Kidul, Desa Karangtalun Lor, Desa Klapasawit, Desa Purwojati, Kecamatan Purwokerto Barat, Desa Kedungwuluh, Desa Kober, Desa Bantarsoka, Desa Rejasari, Desa Pasir Kidul, Desa Karanglewas Lor, Desa Pasirmuncang, Kecamatan Purwokerto Selatan, Desa Purwokerto Kulon, Desa Karang Pucung, Desa Karang Klesem, Desa Tanjung, Desa Teluk, Desa Berkoh, Desa Purwokerto Kidul, Kecamatan Purwokerto Timur, Desa Purwokerto Wetan, Desa Mersi, Desa Arcawinangun, Desa Purwokerto Lor, Desa Sokanegara, Desa Kranji, Kecamatan Purwokerto Utara, Desa Bancarkembar, Desa Grendeng, Desa Karangwangkal, Desa Pabuaran, Desa Sumampir, Desa Bobosan, Desa Purwanegara, Kecamatan Rawalo, Desa Banjarparakan, Desa Losari, Desa Menganti, Desa Pesawahan, Desa Rawalo, Desa Sanggreman, Desa Sidamulih, Desa Tambaknegara, Desa Tipar, Kecamatan Sokaraja, Desa Banjaranyar, Desa Banjarsari Kidul, Desa Jompo Kulon, Desa Kalikidang, Desa Karangduren, Desa Karangkedawung, Desa Karangnanas, Desa Karangrau, Desa Kedondong, Desa Klahang, Desa Lemberang, Desa Pamijen, Desa Sokaraja Kidul, Desa Sokaraja Kulon, Desa Sokaraja Lor, Desa Sokaraja Tengah, Desa Sokaraja Wetan, Desa Wiradadi, Kecamatan Somagede, Desa Kanding, Desa Kemawi, Desa Klinting, Desa Piasa Kulon, Desa Plana, Desa Sokawera, Desa Somagede, Desa Somakaton, Desa Tanggeran, Kecamatan Sumbang, Desa Banjarsari Kulon, Desa Banjarsari Wetan, Desa Banteran, Desa Ciberem, Desa Datar, Desa Gandatapa, Desa Karangcegak, Desa Karanggintung, Desa Karangturi, Desa Kawungcarang, Desa Kebanggan, Desa Kedung Malang, Desa Kotayasa, Desa Limpakuwus, Desa Sikapat, Desa Silado, Desa Sumbang, Desa Susukan, Desa Tambaksogra, Kecamatan Sumpiuh, Desa Banjarpanepen, Desa Bogangin, Desa Karanggedang, Desa Kebokura, Desa Kemiri, Desa Ketanda, Desa Kradenan, Desa Kuntili, Desa Lebeng, Desa Nusadadi, Desa Pandak, Desa Selandaka, Desa Selanegara, Desa Sumpiuh, Kecamatan Tambak, Desa Buniayu, Desa Gebangsari, Desa Gumelar Kidul, Desa Gumelar Lor, Desa Kamulyan, Desa Karangpetir, Desa Karangpucung, Desa Pesantren, Desa Plangkapan, Desa Prembun, Desa Purwodadi, Desa Watuagung, Kecamatan Wangon, Desa Banteran, Desa Cikakak, Desa Jambu, Desa Jurangbahas, Desa Klapagading, Desa Klapagading Kulon, Desa Pangadegan, Desa Randegan, Desa Rawaheng, Desa Wangon, Desa Windunegara, toko sepeda, Patikraja, Desa Patikraja, Kecamatan Patikraja, sepeda onta, Pasar Patikraja, Balai Desa Patikraja, Lapangan Patikraja, Jembatan logawa, Jembatan Serayu, info Patikraja, MTs Muhammadiyah Patikraja, Masjid Baitul Muslimin Patikraja, Sungai Logawa, Sungai Serayu, Jembatan Kali Terus, SMP Negeri 1 Patikraja, SMP Negeri 2 Patikraja, SD Negeri 1 Patikraja, SD Negeti 2 Patikraja, Madrasah Iptidaiyah Patikraja, Madrasah Iptidaiyah Maarif Patikraja, SMA Negeri Patikraja, UPK Patikraja, KUA Patikraja, PPAI Patikraja, TK Pertiwi Patikraja, TK Diponegoro Patikraja, Organisasi Muhammadiyah Patikraja, Organisasi Nahdlatul Ulama Patikraja, Ranting Muhammadiyah Patikraja, Ranting Nahdlatul Ulama Patikraja, IPPNU Patikraja, IRM Patikraja, Apotik Patikraja, BRI Patikraja, Mandiri Patikraja, Mini Market Patikraja, Puskesmas Patikraja, Kantor Kecamatan Patikraja, Gedung Da’wah Muhammadiyah Patikraja, KUD Patikraja, Ahass Patikraja, TK aisiyah Patikraja, pelek sepeda, Bengkel Patikraja, aturan bersepeda, PGRI Patikraja, Polsek Patikraja, Dan Ramil Patikraja, bel sepeda, sadel sepeda, pedal sepeda, Kecelakaan lalu-lintas di Patikraja, Penghulu Patikraja, pantai ayah, keyword Pattikraja, pantai jetis, widarapayung, curug song, sepeda aloy, frame sepeda, corona, TPQ Patikraja, Mushola di Patikraja, sepeda road race, Bank Jateng Patikraja, BKK Patikraja, sepeda gunung, sepeda wim cycle, sepeda balap, sepeda federal, sepeda minion, sepeda unik, Warnet Hokery Patikraja, Masjid Sirojul Patikraja, Mushola Almaulana Patikraja, SSB Patikraja, facebook Patikraja, Jalan Balai Desa Patikraja, Counter Hp Patikraja, Logawa Celluler Patikraja, Zullfa Celluler Patikraja, G Celluler Patikraja, Foto Copy Patikraja, Kuburan Patikraja, Bantaran Sungai Patikraja, Warung Sate Dua Saudara Patikraja, Toko Roti Patikraja, Bank Surya Yudha Patikraja, Paving Block Patikraja, Toko Bahan Bangunan Patikraja, Toko Viola Patikraja, Toko Kacek Patikraja, Toko Gimin Patikraja, Perangkat Desa Patikraja, Pemdes Patikraja, Desa Pegalongan, Desa Mandirancan, Mendowan Mendol, Budz Burger, Ngepas Patikraja,